Tips Memilih Manajer Investasi yang Tepat

Cara Memilih Manager Investasi Yang Tepat

Selain memilih reksa dana yang tepat, investor juga harus pandai dalam memilih manager investasi yang tepat. Karena keduanya sama-sama penting dan sama-sama dibutuhkan. Karena jika pincang di salah satunya saja baik itu pemilihan reksa dana ataupun pemilihan manager investasi nantinya proses investasi akan  berjalan kurang baik.

Anda kebingungan untuk memilih manager investasi yang tepat?  Berikut ini akan kami sajikan tips-tips atau cara-cara untuk memilih manager investasi yang tepat dan berkompeten. Tips-tips tersebut diantaranya adalah :

Advertisement

Pertama: Legalitas

Memilih manager investasi dengan memastikan kelegalan dari perusahaan tersebut. Legal yang dimaksud di sini adalah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena semua penghimpunan dana dan pasar modal harus mendapat persetujuan dari OJK. Bagaimana untuk megetahui dan memastikan perusahaan tersebut legal atau tidak legal?

Anda tidak perlu khawatir karena OJK telah menyediakan Hotline di [kode area] 1500 655, email konsumen@ojk.go.id dan website www.ojk.go.id. Bagi yang ingin secara spesifik mengetahui daftar perusahaan manajer investasi yang telah mendapat izin dari OJK bisa melihat link ini http://www.ojk.go.id/apps.php?i=pird.

Artikel lain: Mengenal Biaya Reksadana

Kedua: Kompetensi

Saat memilih manager investasi maka pastikanlah kompetensi dari manager  investasi tersebut. Untuk mengukur hal tersebut tentu tidaklah gampang. Maka Anda bisa melihat dari lamanya perusahaan tersebut beroperasi. Selain itu juga Anda bisa menilai dari seberapa lama manager investasi tersebut telah berkecimpung dalam dunia pasar modal.

Memang , lamanya perusahaan dalam beroperasi dan peran pengelola yang sudah cukup lama tidak bisa menjadi tolak ukur bahwa itu baik. Namun, setidaknya jika perusahaan tersebut sudah lama beroperasi dan pengelolanya pun sudah cukup lama maka mereka sudah pernah melewati beberapa fase naik turun pada perusahaan tersebut. Dan setidaknya itu akan membuat lebih berpegalaman dan handal ketika nanti menghadapi permasalahan yang sama.

Untuk mengetahui pengalaman perusahaan manajer investasi maupun personel pengelolanya, investor bisa membacanya melalui prospektus reksa dana. Di dalam prospektus, biasanya terdapat resume singkat dari perusahaan dan personel pengelolanya mulai dari pengalaman kerja hingga penghargaan yang pernah diterimanya.

Artikel lain: Peluang Usaha Cepat Balik Modal

Ketiga: Pelayanan

Bisnis pengelolaan dana merupakan bisnis yang modal utamanya adalah kepercayaan. Jadi pastikan bahwa manager investasi yang Anda pilih memiliki kualitas pelayanan manager investasi yang baik. Hal tersebut bisa dibina dengan menjalin komunikasi dan interaksi yang baik antara investor (pembeli) dengan manager investasi atau produsen penyedia jasa. Dengan begitu, rasa saling percaya akan terbentuk dengan sendirinya.

Anda bisa melakukan test untuk menguji kualitas pelayanan yang mereka miliki. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara berpura-pura menjadi konsumen atau nasabah. Dengan minimum ketentuan dana investasi yang relatif kecil, hanya dengan Rp 100.000 investor sudah bisa menjadi nasabah reksa dana. Selama menjadi nasabah pura-pura tersebut nanti kita akan banyak berinteraksi dan akan tahu bagaimana kualitas pelayanan dari perusahaan tersebut.

Jika memang pelayanan di perusahaan tersebut sudah cukup memuaskan dan memberikan pelayanan yang terbaik. Maka Anda bisa meneruskan untuk menjadi nasabahnya. Namun jika tidak Anda bisa mencoba untuk mencari yang lain dengan kualitas  pelayanan yang lebih baik.

Kesimpulannya, ketika Anda ingin menjadi investor yang tidak kecewa dan tujuan Anda berinvestasi dapat tercapai maka pilihlah perusahaan yang legal, pilihlah manager investasi yang berkompeten karena itu akan memudahkan kita dalam setiap transaksi ataupun mengurus hal-hal yang lain. Selain itu, pilihlah perusahaan yang bisa memberikan pelayanan terbaik memuaskan. Selamat Mencoba.

Baca juga: Tips Memilih Reksadana yang Baik

gambar: http://img.bisnis.com/posts/2015/09/04/469306/b-reksadana.jpg

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *