Tips Jitu Menulis Email Marketing yang Efektif

Tips Efektif Menggunakan Email Marketing

Dunia bisnis tidak bisa dipisahkan dari sisi marketing atau pemasaran. Di era modern seperti sekarang ini, memasarkan suatu produk kepada pelanggan bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menggunakan berbagai macam media sosial untuk memasarkan produk anda atau juga melalui surat elektronik atau yang sering kita kenal sebagai email.

Pemasaran melalui email cenderung lebih efektif karena banyak orang menggunakan email sebagai media kerja. Jika anda seorang pelaku di bidang bisnis, anda bisa menggunakan email sebagai media pemasaran atau juga penawaran. Namun, mengirimkan penawaran kepada pelanggan tidak mudah, ada beberapa tips jitu dalam memasarkan produk melalui email.

Advertisement

Menarik dan Mengundang

Kedua hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Bisa anda bayangkan jika seorang pelanggan menerima email yang berisi penawaran bisnis anda secara terus menerus tanpa ada hal menarik di dalamnya, tentu saja pelanggan akan cepat merasa bosan.

Dengan begitu, pastikan untuk menggunakan kata-kata atau gambar yang menarik dalam menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan melalui email. Apabila pelanggan memberi respon yang cukup baik, maka anda mendapatkan satu poin tambahan dari sekedar menawarkan produk.

Jangan biarkan email yang anda kirim berujung di tempat sampah. Gunakan kata-kata atau kalimat yang bersifat persuasif sehingg pelanggan akan merasa tertarik untuk membaca email penawaran dari anda. Menggunakan kalimat yang bersifat mengundang akan memberikan respon positif dari pelanggan.

Artikel lain: Peluang Investasi Reksadana di tahun 2016

Isi Padat dan Jelas

Akan lebih baik jika anda tidak terlalu banyak basa-basi dalam mengirimkan email penawaran kepada pelanggan. Pelanggan cenderung menolak membaca email penawaran dengan isi yang bertele-tele. Jadi, usahakan membuat isi email tersebut padat namun jelas.

Selain itu, anda juga harus memilih kata-kata yang lebih enak untuk dibaca. Jangan terlalu sering menggunakan kalimat formal karena pelanggan akan bosan ketika membacanya. Pakailah bahasa yang santai namun tetap layak dan santun untuk dipublikasikan.

Artikel lain: Cara Jualan Laris Manis dengan Grup Facebook

Mengenal Pelanggan dan Follow Up

Tips lain yang dapat anda pelajari ketika hendak mengirimkan email penawaran kepada pelanggan adalah berusaha untuk dekat dan mengenal pelanggan. Ketika anda mengirimkan email tersebut, cobalah untuk menanyakan kabar pelanggan anda atau mengucapkan salam sembari menyebutkan namanya di dalam surat elektronik tersebut. Hal ini sangat positif karena pelanggan akan merasa dekat dengan anda dan merasa lebih spesial.

Ketika pelanggan sudah merasa tertarik dengan email penawaran anda, maka anda bisa meneruskan langkah follow up kepada pelanggan. Meskipun email anda belum mendapatkan respon dari pelanggan, tidak ada salahnya untuk melakukan follow up untuk lebih meningkatkan citra bisnis anda. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, semoga nilai penjualan anda bisa semakin ditingkatkan dan akan banyak pelanggan yang datang kepada anda.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online dengan Twitter

gambar: http://bddb.com.br/wp-content/uploads/2015/09/email-marketing-for-associations.png

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.