Tips Investasi Reksadana untuk Pensiunan

Langkah Investasi Tepat untuk Para Pensiunan

Pensiun adalah salah satu hal yang banyak ditakuti oleh orang yang telah bekerja. Hal ini tentunya disebabkan karena ketika seseorang telah pensiun mereka tidak akan mendapatkan penghasilan bulanan seperti selama mereka masih produktif. Tapi jangan salah, ketika seseorang telah berada pada masa pensiun, orang tersebut tentunya memiliki sejumlah uang yang besar sebagai dana pensiunnya.

Salah satu pilihan yang bisa diambil untuk mengurangi kekhawatiran tersebut adalah dengan melakukan investasi reksa dana. Untuk melakukan investasi reksa dana anda bisa melakukannya kapanpun tanpa batasan usia. Jika anda akan melakukan investasi reksa dana yang anda perlukan hanyalah pemahaman yang mantap mengenai reksa dana dan juga kemungkinan resiko yang mungkin anda alami.

Advertisement

Hal yang paling banyak menyebabkan keraguan para pensiuman untuk untuk melakukan investasi reksa dana adalah karena tidak adanya penghasilan bulanan. Mereka takut jika invetasi mereka gagal mereka akan sulit mengumpulkan uang pensiun yang mereka dapatkan. Ketakutan inilah yang menyebabkan banyak orang pensiun takut untukĀ  memulai investasi. Dibawah ini ada beberapa tips tepat untuk melakukan investasi bagi pensiunan.

Mengetahui sumber biaya pensiun

Sumber biaya pensiun ada 2 macam, berasal dari BPJS ketenagakerjaan, dari perusahaan swasta dan juga dari persiapan dana mandiri. Sumber biaya pensiun dari persiapan dana mandiri biasanya disiapkan oleh pensiunan sebelum ia memasuki masa pensiun karena jumlah biaya pensiunnya yang tidak cukup. Setelah mengetahui sumber biaya pensiun anda, anda bisa menentukan jumlah biaya pensiun yang anda miliki.

Membuat perencanaan pensiun

Setelah anda mengetahui jumlah uang yang anda dapatkan maka langkah pertama adalah melihat kebutuhan masa pensiun anda. Kebutuhan masa pensiun sangat beragam yang paling utama adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Kebutuhan sehari hari dari orang yang telah pensiun juga berbeda beda, pertama bergantung pada tempat tinggalnya. Selain itu biaya hidup juga bisa dilihat dari gaya hidup.

Setelah anda menghitung kebutuhan pokok untuk hidup, yang perlu anda lakukan adalah membuat sebuah perencanaan kesehatan. Selain itu anda juga harus memperhitungkan kemungkinan inflasi dan hal hal lainnya. Jika sudah mengetahui jumlah kebutuhan anda, anda bisa mulai memikirkan jenis investasi yang cocok bagi anda.

Artikel lain: Info Seputar Reksadana Commonwealth

Investasi vs Deposito

Investasi dan juga deposito adalah 2 hal yang sering membingungkan untuk dipilih. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk deposito akan sulit bagi anda ketika akan melakukan pencairan, akan tetapi memilih deposito akan menjadi hal yang lebih aman bagi anda. Mungkin deposito bisa dicairkan sebelum jatuh tempo, tapi anda akan menghadapi beberapa resiko jika anda melakukannya. Hal ini bisa menjadi kelebihan dari reksadana. Jika anda memilih investasi reksa dana, anda akan lebih mudah mendapatkan uang anda sewaktu waktu meski invetasi reksa dana yang anda beli memiliki jangka.

Artikel lain: Bisnis Trading Online yang Menggiurkan

Selain itu ketika anda akan melakukan investasi reksa dana anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan keuangan anda. Hal ini akan sangat membantu anda yang sedang memiliki rencana pada jangka waktu tertentu.

Perlu diingat, ketika anda memutuskan untuk melakukan investasi pikirkan baik-baik dan hitung baik-baik kebutuhan anda. Jangan pernah menggunakan uang yang anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari mengingat resiko dari investasi adalah anda bisa kehilangan semua uang anda dalam waktu yang sangat singkat. Hanya pergunakan uang yang diam untuk menghindari kerugian yang sangat berat.

Baca juga: Cara Memilih Reksadana yang Tepat

gambar: http://www.learnvest.com

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *