Tips Investasi Reksadana Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Investasi Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Reksa dana memang salah satu jenis investasi yang bisa dipilih oleh setiap orang dari berbagai kalangan usia. Investasi ini dibuat lebih mudah bagi pelajar dan mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri.

Dalam melakukan investasi semakin cepat dan semakin awal dalam memulai suatu investasi akan memberikan potensi investasi ini berkembang lebih lama, sehingga tingkat pengembaliannya bisa sangat tinggi. Walaupun untuk mendapatkan nilai yang tinggi ini memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, itulah yang harus dilakukan untuk berinvestasi. Karena reksa dana ini adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang.

Advertisement

Hal ini juga yang dilakukan seorang yang bernama Warren Buffet. Dia adalah salah satu orang terkaya di dunia  dengan cara menginvestasikannya di pasar modal. Berdasarkan data yang diperoleh dari Majalah Forbes, kekayaan yang dimiliki oleh Warren Buffet ini sejumlah 62,7 Miliar Dollar Amerika atau setara dengan 840 Triliun Rupiah. Investasi ini dia lakukan sejak berusia sebelas tahun dan menjadikannya dia orang kaya kedua di dunia. Dari usia mudanya itu Warren Buffet memulai investasi pertamanya di pasar modal dan masih merasa terlambat dalam melakukan investasi.

Salah satu syarat administrasi untuk berinvestasi di reksa dana adalah memiliki identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Berarti hal ini menunjukkan bahwa calon investor reksa dana ini adalah pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun untuk pelajar sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga masih bisa memungkinkan untuk melakukan investasi ini. Caranya adalah meminta tolong orang tua untuk dibuatkan rekening bersama. Ketika beranjak dewasa, rekening ini diubah menjadi atas nama anak sendiri.

Artikel lain: Kiat Investasi Reksadana Bagi Ibu Rumah Tangga

Selain memiliki persyaratan administrasi, untuk menjadi investor di pasar modal ini juga harus memahami segala resiko yang akan didapatkan nanti. Untuk mengetahui berbagai macam resiko yang terjadi pada saat berinvestasi ini bisa dipelajari. Selain itu, calon investor ini juga harus sehat keuangan. Untuk para pelajar maupun mahasiswa, sehat secara keuangan ini bisa disesuaikan. Karena yang paling penting adalah cara berpikirnya bukan besaran rasionya.

Artikel lain: Cara Menghitung Transaksi Reksadana

Rasio Pendapatan Terhadap Pengeluaran

Untuk para pelajar, tugas utamanya memang belajar. Walaupun belum mulai bekerja, bukan berarti para pelajar atau mahasiswa ini tidak memiliki penghasilan. Penghasilan yang dimiliki oleh para pelajar dan mahasiswa ini bisa didapatkan dari uang jajan yang diberikan orang tuanya. Atau bisa juga dari penghasilan kerja sampingan yang dilakukannya. Pola pikir yang ada pelajar dan mahasiswa adalah menghabiskan uang yang dimilikinya. Untuk dapat melakukan investasi, tentu pola pikir ini harus diubah. Ketika memiliki penghasilan atau pendapatan yang lebih besar dari pengeluarannya, maka pendapatan ini harus disimpan. Kebutuhan dan keinginan yang muncul ini harus dikendalikan. Kalau tidak, investasi yang akan dilakukan ini hanya berupa wacana saja. Karena itu sikap konsumtif yang ada pada diri soerang pelajar maupun mahasiswa ini harus segera dihilangkan.

Rasio Cicilan Produktif Dan Konsumtif

Untuk para pelajar dan mahasiswa, biasanya fasilitas gadget yang berupa komputer, laptop, bahkan hingga kendaraan ini adalah hasil pemberian dari orang tua. Kalau memang ada cicilan untuk memiliki suatu aset dari kartu kredit atau cicilan biasa maka sebelum melakukan investasi ini perlu dilunasi terlebih dahulu. Ada dua pendekatan yang untuk menjadi investor reksa dana bagi pelajar yaitu dengan membeli semua jenis reksa dana atau memilih salah satu jenis reksa dana. Hal ini dilakukan kalau memang sudah adanya tujuan keuangan.

Baca juga: Cara Memilih Reksadana yang Tepat

gambar: http://www.tuitiondesk.com

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.