Strategi Pemasaran Gratis Memanfaatkan Internet

Cara Memanfaatkan Dunia Maya Untuk Memasarkan Produk

Saat ini konsumen maupun produsen sangat dimanjakan dengan adanya social media dan situs-situs jual beli yang sangat menjamur di dunia maya.Namun jika anda pelaku UKM yang masih merasa bahwa situs-situs jual beli maupun social media kurang dalam memasarkan produk anda, ada baiknya jika anda menambahkan blog sebagai media promosi anda.

Sebelum anda membuat blog sebaiknya anda mengenal SEO dan cara memanfaatkannya, agar blog pemasaran anda muncul di halaman pertama mesin pencari dunia maya. SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization.

Advertisement

SEO sudah terkenal bagi para blogger sebagai suatu cara agar blog yang mereka buat langsung terpampang di halaman pertama mesin pencari saat ada seseorang mengetikkan kata kunci yang ditargetkan oleh blogger di kolom pencari.

Jika situs blog anda muncul di halaman pertama tentu langsung menarik minat konsumen, maka traffic blog anda semakin meningkat dan tautan blog serta produk anda akan semakin dikenal banyak orang.

Inilah cara sederhana memasarkan produk melalui blog SEO:

  1. Buatlah HTML sederhana untuk blog anda. Tidak perlu anda tambahkan Javascript yang ruwet ke dalam blog karena mesin pencari tidak mampu membaca Javascript. Begitu juga dengan menu image link yang hanya akan menambah beban bandwidth saat membuka link anda. Jika blog anda susah dibuka oleh konsumen alhasil konsumen tersebut akan menyerah dan lebih memilih mencari blog lain.
  2. Buatlah suatu artikel yang berkualitas di blog anda. Jika blog yang anda buat khusus untuk memasarkan suatu produk, buatlah artikel mengenai produk tersebut berdasarkan fakta yang mampu dipertanggungjawabkan. Orang akan lebih tertarik membaca jika dirasa ada informasi baru bagi mereka, alhasil traffic blog anda akan meningkat.
  3. Buatlah kata kunci yang unik dan ada kaitannya dengan judul artikel yang anda buat dan tidak perlu berlebihan dalam menentukan kata kunci.
  4. Luangkan waktu anda untuk selalu membuat artikel baru dalam blog anda. Mesin pencari akan lebih dulu mencari artikel terbaru disbanding artikel-artikel yang lama dibuat.
  5. Bersosialisasilah dengan blogger lain. Anda bisa mencari blog sejenis dengan blog anda yang memiliki traffic tinggi, sesekali beri komentar di artikel mereka sampai mereka kenal anda lalu mintalah ijin untuk mencantumkan tautan blog anda di kolom komentar mereka. Jika sudah kenal akrab biasanya para blogger akan memberikan tautan blog terkait di banner blog.

Artikel lain: Meningkatkan Jumlah Follower di Instagram untuk Bisnis Online

Cara meningkatkan jumlah pelanggan melalui dunia maya:

  1. Buatlah kuis berhadiah atau sekedar giveaway dalam jangka waktu tertentu. Produk yang anda bagikan sebagai hadiah merupakan ajang perkenalan agar brand anda lebih dikenal banyak orang.
  2. Buatlah email, social media atau nomer telepon yang bisa dihubungi untuk komunikasi antara anda dan konsumen. Pisahkan antara akun dan nomer telpon pribadi dengan akun dan nomer telpon khusus transaksi agar anda tidak bingung.
  3. Mintalah testimony dari konsumen anda dan cantumkan di blog anda ataupun di social media. Minta kesediaan mereka mencantumkan nama terang dan alamat agar keabsahan testimony jelas.

Baca juga: Meningkatkan Penjualan Online dengan Facebook

gambar: http://www.seosantamarta.com/wp-content/uploads/2015/09/SEO1.jpg

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *