Reksadana Syariah Terbaik untuk Pilihan Investasi Tepat

reksadana

Reksadana Syariah terbaik yang manakah yang dapat Anda pilih untuk dijadikan pilihan investasi tepat? Cara untuk menemukan investasi Reksadana Syariah yang memang terbaik adalah dengan melakukan survey perbandingan antara produk-produk yang ada, yang memang sedang dijual. Dengan begitu, Anda akan bisa menemukan manakah produk yang memang dapat memberikan return atau timbal balik tertinggi yang bisa Anda peroleh, selain itu Anda juga harus membandingkan kinerja dari manajer investasi yang ada. Kinerja tersebut harus Anda lihat dari tahun ke tahunnya. Sebagai contoh saja, Anda dapat melihat catatan kinerja serta return pada 3 hingga 5 tahun, sebelum Anda membeli Reksadana di tahun 2015. Mari baca selengkapnya.

Pemilihan Reksadana

Pemilihan investasi Reksadana Syariah ini dapat dibilang ada cara yang mudah dan begitu pula ada cara yang sulit, tergantung Anda akan menggunakan cara yang mana untuk memilihnya. Namun memang bagi Anda yang pemula, sebaiknya menggunakan cara yang simpel dan mudah untuk diterapkan saja. Di sini, sebuah investasi Reksadana yang terbagus bukanlah sekedar investasi yang mempunyai return tinggi saja, namun juga harus merupakan Reksadana yang memang paling cocok dengan profil Anda sebagai calon investor, serta harus paling aman, dilihat dari segi legalitas hukum. Ini sangat diperlukan dengan tujuan untuk menurunkan resiko terjadinya kasus atau masalah, yang bisa menyebabkan uang investasi Anda hilang.

Advertisement

Artikel Lain: Investasi Reksadana vs Investasi Emas

Menentukan jangka waktu

Dalam melakukan investasi Reksadana Syariah, Anda harus bisa menentukan jangka waktu. Jangka waktu di sini adalah jangka waktu investasi, Anda harus tahu ingin investasi untuk berapa tahun, dan berapakah besaran uang yang mau Anda investasikan. Apabila Anda baru pertama kali mencoba, Anda dapat mencoba memilih Reksadana pasar uang.

Artikel lain: Investasi Jangka Panjang dan Investasi Jangka Pendek

Pengelolaan zakat

Reksadana Syariah yang terbaik biasanya juga memiliki pengelolaan zakat. Jadi terdapat syariat yang menyingkirkan bagian dari penghasilan yang tak dapat dipastikan kehalalannya. Kondisi ini menjadikan regulasi dari sistem Syariah yang terdapat di pengelolaan instrumen investasi, juga termasuk di investasi Reksadana Syariah yang wajib mengintegrasikan sistem pengelolaan zakat pada bagian dalamnya. Itu mulai dari jenis zakat maal sampai dengan zakat lainnya yang memiliki kaitan dengan kegiatan pembersihan dana, yang dipertimbangkan terlibat ke unsur riba, gharat, dan maisir, serta sarat ketidakpastian. Jenis pembersihan dana ini sudah diatur oleh sistem regulasi dengan sangat ketat. Juga dikelola oleh badang pengawas Syariah yang dari MUI, di mana pengelolaannya sangat ketat, juga telah diatur menjadi sedekah atau Shodaqoh.

Terkadang beberapa majalah memberikan awards bagi Reksadana terbaik, itu juga termasuk Reksadana Syariah. Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan, ada beberapa Reksadana Syariah yang terbaik untuk tahun 2014, dan awards ini diberikan oleh majalah Investor. Anda tentunya dapat menjadikan ini sebagai tambahan informasi. Untuk aset yang lebih besar dari 10 triliun dimenangkan oleh PT Bank BNI Syariah, sementara untuk aset yang lebih kecil dari 10 triliun dimenangkan oleh PT Bank Mega Syariah, keduanya mendapatkan gelar terbaik.

Untuk UUS atau unit usaha Syariah Perbankan, yang menempati urutan pertama adalah Bank Permata Unit Syariah dalam kategori UUS dengan aset lebih besar dari 5 triliun rupiah, sama seperti tahun-tahun yang sebelumnya. Berikutnya adalah UUS Bank DKI yang terbaik untuk aset antara 1 triliun hingga 5 triliun. Sekian artikel tentang Reksadana Syariah terbaik untuk pilihan investasi tepat, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Berinvestasi di Reksadana Saham

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *