Reksadana Pendapatan Tetap Apakah menguntungkan?

Reksadana Pendapatan tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu type kategori dari produk Reksadana yang ada di pasaran, apakah type yang satu ini dapat menguntungkan atau tidak? Reksadana pendapatan tetap ini memiliki nama lain Reksadana obligasi, dan memang sesuai namanya, Reksadana yang satu ini akan mengembangkan sebagian besar dari dana investor melalui obligasi atau surat utang. Untuk Anda ketahui jika Reksadana adalah alternatif investasi yang cocok untuk investor yang memang memiliki dana yang terbatas. Namun mungkin ada satu masalah yang akan Anda hadapi, masalah tersebut berdasar pada instrumen investasi yang ada, terdapat cukup banyak macam Reksadana di pasaran yang mempunyai profil imbas hasil ataupun resiko yang berbeda-beda. Supaya Anda tak salah pilih, khususnya bagi Anda investor pemula, Anda harus terlebih dahulu mempelajari seluk beluk dari beragam type Reksadana yang dijual di pasaran, sehingga tak salah pilih. Mari baca selengkapnya.

Pilihan yang banyak

Anda sebaiknya jangan bingung ketika harus memilih jenis Reksadana yang memang mau Anda investasikan di pasaran. Ketika Anda hendak melakukan investasi pada sebuah Reksadana, maka yang menjadi patokan dalam pemilihan adalah tujuan apakah yang ingin Anda capai dari berinvestasi Reksadana tersebut? Sebab jenis Reksadana nantinya yang akan Anda pilih itu bergantung kepada kebutuhan Anda juga, contohnya saja Anda mau memenuhi kebutuhan biaya anak sekolah, khususnya jika waktu pensiun Anda masih lama. Nah, dengan begitu, Anda akan lebih tahu Reksadana tipe manakah yang hendak Anda pilih, atau paling tidak, pilihan akan lebih menyempit, dan Anda tidak akan lagi terlalu bingung seperti sebelumnya.

Advertisement

Artikel lain: Investasi Logam Mulia yang Menguntungkan

Urutan tingkatan resiko

Apabila Anda ingin melihat tingkatan resiko dari Reksadana pendapatan tetap, serta jenis Reksadana yang lainnya, sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu patokan dalam memilih. Maka Anda dapat membaca informasi berikut ini. Memang sebelum Anda mengambil langkah yang lebih mendalam, Anda harus ingat bahwa Reksadana itu terbagi ke dalam 4 macam, dari yang beresiko paling rendah hingga paling tinggi dapat Anda lihat urutannya di bawah ini:

Resiko terendah

  1. Reksadana pasar uang
  2. Reksadana pendapatan tetap
  3. Reksadana campuran
  4. Reksadana saham

Resiko tertinggi

Apabila Anda mau berinvestasi dalam rentang waktu lebih dari 3 tahun, maka Reksadana pendapatan tetap merupakan solusi terjitu untuk Anda coba. Memang Reksadana pendapatan tetap ini sebaiknya Anda pakai untuk investasi jangka panjang dan tidak cocok untuk Anda yang ingin investasi dalam waktu singkat atau jangka pendek saja. Lebih baik Anda memilih jenis investasi yang lain apabila lebih senang dengan investasi jangka pendek. Dengan jangka panjang, otomatis investasi Anda pada Reksadana pendapatan tetap itu akan membuat Anda terhindari kerugian karena gejolak harga obligasi, di mana gejolak tersebut biasa terjadi dalam jangka pendek dan lebih stabil untuk jangka panjangnya.

Artikel lain: Cara Investasi di Reksadana Saham

Yang harus diingat oleh Anda

Tingkat keuntungan yang bisa Anda peroleh dari Reksadana pendapatan tetap ini bersifat fluktuasi, jadi berbeda dengan namanya. Pada suatu waktu, pendapatan Anda tetap bisa naik maupun turun. Misalnya dalam bulan tertentu, Anda dapat memperoleh keuntungan hingga 2%, namun pada bulan lainnya keuntungan yang Anda peroleh hanyalah 1%, itu sangat memungkinkan. Tak hanya itu, bahkan terdapat kemungkinan bahwa Anda bisa merugi atau minus. Jika kerugian terus terjadi, bisa jadi dana investasi Anda juga akan ikut hangus termakan kerugian tersebut. Sekian artikel tentang Reksadana pendapatan tetap, apakah menguntungkan? Semoga bermanfaat.

Baca juga: Investasi Reksadana Syariah Terbaik

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *