Plus Minus Sistem Pemasaran Online

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online

Pelaku bisnis tentu membutuhkan cara pemasaran yang tepat dan cepat sehingga produk atau jasa yang dijual dapat dikenal oleh masyarakat. Di era digital seperti sekarang ini, sistem pemasaran melalui jaringan internet sangat diminati. Mengapa demikian?

Yang pertama, promosi online akan menghemat biaya. Anda sebagai pelaku bisnis tidak perlu menganggarkan dana untuk mencetak pamflet dan sebagainya. Cukup menggunakan media sosial yang ada, anda bisa menjual produk anda dengan mudah.

Advertisement

Promosi online sangat diminati oleh pelaku bisnis UKM hingga pengusaha kelas tinggi, mengingat setiap orang sudah ‘melek’ internet. Jadi, tidak ada salahnya melakukan promosi secara online. Namun, ada beberapa nilai ‘plus’ dan ‘minus’ dari sistem pemasaran tersebut.

Ada beberapa keuntungan menggunakan sistem pemasaran online yang baik untuk anda ketahui. Pertama, jaringan internet sangat luas. Hampir semua orang di muka bumi ini menggunakan jaringan internet untuk melakukan banyak hal, diantaranya adalah berbelanja.

Dengan luasnya jaringan internet, maka produk atau jasa yang anda tawarkan bisa dikenal oleh banyak orang. Misalnya, anda memasang satu iklan produk anda dalam satu halaman majalah elektronik, orang-orang yang membuka halaman tersebut juga akan melihat iklan anda. Selain itu, pemasaran online sangat menghemat biaya. Kalaupun anda harus membayar, nilainya tidak sebanyak jika anda mencetak pamflet, brosur, katalog, dll.

Dengan pemasaran online, anda juga bisa terkoneksi dengan pelanggan secara cepat. Berbagai jenis promosi pun bisa dikirimkan kepada banyak pelanggan dengan satu kali klik.

Artikel lain: Memanfaatkan Google Plus untuk Bisnis Online

Tidak hanya hal-hal di atas, jika anda cermati, promosi online juga sangat menghemat waktu anda dalam memasarkan produk. Sedangkan para pelanggan merasa terbantu jika ingin mengirimkan berbagai kritik, saran, dan masukan karena sistem online bisa dibuka selama 24 jam penuh. Jika kita berbicara mengenai nilai ‘plus’ atau keuntungan menggunakan sistem promosi online, maka tentu saja ada kekurangan yang bisa anda lihat.

Meskipun jaringan internet sangat luas, namun ketika anda menggunakan sistem promosi online maka anda harus menyiapkan budget khusus untuk pemeliharaan sistem. Misalnya, anda harus memperpanjang masa tayang iklan anda dalam majalah online tertentu. Selain itu, banyak pelanggan anda yang lebih berminat untuk membeli secara offline karena dirasa lebih nyaman.

Media online hanya akan digunakan untuk referensi produk dan melihat promo yang anda tawarkan. Sebagai pelaku bisnis, jika anda ingin memasarkan produk atau jasa secara online, anda harus mengemasnya secara up-to-date dimana hal tersebut membutuhkan ide yang kreatif.

Seperti kita ketahui, pemasaran online cenderung jauh dari sentuhan langsung manusia. Semua yang berjalan adalah sistem. Tentu saja hal ini sangat rawan akan kesalaham teknis dan jaringan sehingga bisa menghambat proses pemasaran.

Baca juga: Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Instagram

gambar: http://www.promotionactivators.com/filebin/images/slideshow/online-promotions.jpg

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.