Perbedaan Menjalankan Franchise dengan Bisnis Lainnya

bisnis franchise

Ada banyak persamaan antara menjalankan sebuah bisnis franchise (waralaba) dengan menjalankan model bisnis yang lain. Diantaranya adalah keduanya sama-sama menguras waktu dan tenaga yang tidak sedikit agar bisnis yang dijalankan tumbuh dan berkembang. Disamping itu ada juga perbedaan-perbedaan mendasar yang harus Anda perhatikan terutama jika Anda ingin mencoba berbisnis franchise.

Jika Anda sebelumnya pernah menjalankan bisnis lain selain franchise, Anda akan menemukan fakta bahwa franchise memiliki keunikan dibanding bisnis lainnya. Berikut ini beberapa perbedaan antara menjalankan bisnis franchise dengan tipe bisnis lainnya:

Baca juga: Bisnis Waralaba Paling Menguntungkan

Advertisement

1. Anda Harus Mengikuti Aturan yang Telah Baku

Bila Anda memiliki bisnis sendiri, Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Menambah produk baru, menaikkan/menyesuaikan harga produk, danĀ  mengubah seragam staf Anda. Tapi dengan waralaba, ada lebih banyak pedoman dan persyaratan yang harus dituruti. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang konsisten bagi pelanggan, apakah mereka kunjungi gerai pusat atau cabang franchisenya dimana saja, akan merasakan pengalaman yang sama.

Bagi pemilik franchise, ini adalah sebuah fakta bahwa segala pedoman dan persyaratan yang ditetapkan adalah dibuat berdasarkan pengalaman dan investasi yang telah mereka keluarkan selama ini. Mereka telah mengetahui bahwa jalan yang diambilnya adalah cara terbaik untuk berhasil. Pembeli franchise cukup mengikuti panduan yang ada dan diharapkan juga mengalami kesuksesan.

2. Biaya diawal Lebih Besar dan Mengetahui Persis Total Biaya yang Dibutuhkan

Untuk memulai bisnis franchise maka pembeli franchise akan dikenakan biaya yang besar diawal. Bisa saja Anda mengeluarkan uang ratusan juta atau milyaran rupiah diawal jika memilih menjalankan bisnis franchise yang telah mapan. Beda halnya jika Anda menjalankan bisnis lainnya yang bukan franchise. Mungkin biaya diawal lebih kecil namun kedepannya rekening bank Anda akan terus menetes keluar dari waktu ke waktu.

Selain itu, dengan franchise Anda akan lebih mengetahui secara persis berapa modal yang diperlukan, setelah berbicara dengan pemilik franchise. Anda juga akan mendapatkan gambaran fluktuasi biaya yang mungkin terjadi. Beda dengan usaha kecil non-franchise yang dijalankan sendiri, tidak ada cara untuk mengetahui biaya apa saja yang akan Anda habiskan dari waktu ke waktu.

3. Mendapat dukungan dari Perusahaan

Banyak pemilik usaha kecil yang menjadi frustasi disaat mengalami penurunan omset dan berkurangnya pembeli. Saat pebisnis usaha kecil ini mengalami kebuntuan dan berada pada situasi sulit, terkadang tidak ada pihak yang bisa memberikan dukungan. Lain halnya dengan bisnis franchise. Perusahaan pemilik merek franchise telah menyediakan dukungan bagi para franchiseenya. Bahkan bukan hanya sekedar pegetahuan dan konsultasi, tetapi juga dukungan teknis, promosi, hingga asuransi.

4. Pemilik Franchise telah Melakukan ‘Segalanya’

Pebisnis independen melakukan kerja keras setiap harinya agar merek yang didagangkan menjadi terkenal dan laris. Upaya membangun citra merek ini sangat menyita waktu dan tenaga.

Adakah orang yang belum pernah mendengar Mc Donald’s atau toko ritel Alfamart? Hampir semua orang telah mengenalnya dan menjadi salah satu pelanggannya. Itu semua karena pemilik franchise (franchisor) telah melakukan segalanya, melakukan hal-hal yang berat dan tidak mudah untuk mempopulerkan produknya hingga dikenal dan diterima masyarakat. Mereka telah membeli papan reklame, memasang iklan di berbagai media, dan Anda mendapatkan keuntungannya.

Menjalankan bisnis franchise jelas berbeda dengan menjalankan bisnis independen lainnya. Bagi sebagian orang, menjalan bisnis franchise dari sebuah merek yang terkenal adalah pilihan yang menarik untuk berbisnis.

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.