Peluang Usaha Franchise 2014 untuk Pemula

Usaha franchise termasuk jenis bisnis yang terus tumbuh dan berkembang di tahun 2014 ini. Tak kurang dari seribu franchisor dan calon franchisee baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri membanjiri pasar franchise di Indonesia. Jenis usahanya pun semakin beragam. Tidak melulu dunia makanan, properti, dan otomotif, kini bisnis franchise sudah merambah ke berbagai jenis produk dan jasa, mulai dari skala kecil dengan modal investasi dibawah sepuluh juta rupiah, hingga investasi diatas satu milyar rupiah.

Usaha franchise banyak dilirik oleh berbagai kalangan, pengusaha besar hingga pengusaha yang baru merintis. Menjalankan bisnis yang sudah punya nama dan punya produk yang telah teruji tentunya lebih mudah dan menguntungkan bagi calon franchisee. Terutama investor pemula yang baru pertama kali terjun bisnis.

Saat ini banyak tersedia jenis-jenis usaha franchise yang ditawarkan dengan biaya yang kecil mulai dari 10 juta rupiah. Ada juga loh yang hanya bermodal 5 juta rupiah saja. Namun perlu dicatat bahwa menjalankan usaha franchise ini berarti calon franchisee harus siap dengan dukungan finansial yang memadai. Hal-hal ‘kecil’ seperti menggaji karyawan, membeli perlengkapan tambahan, dan sebagainya perlu diperhitungkan dengan matang.

Berikut ini beberapa peluang usaha franchise di tahun 2014 yang bisa dijalankan dengan modal relatif kecil:

Advertisement

1. Usaha franchise bidang makanan

Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Karena makan adalah kebutuhan rutin bagi setiap orang. Untuk memulai bisnis makanan tidaklah mudah, apalagi bagi orang yang belum punya pengalaman sebelumnya. Usaha franchise menawarkan bisnis makanan dengan menjual produk makanan dengan merk yang sudah bisa diterima masyarakat.

Beberapa jenis usaha di bidang makanan antara lain: makanan bayi (bubur bayi dan nasi tim), makanan khas daerah, kue, olahan daging, minuman ringan, dan sebagainya.

2. Bisnis franchise pada bidang kesehatan dan kecantikan

Bisnis kesehatan termasuk bisnis yang tidak kenal musim, tidak ada matinya, dan cenderung aman dari inflasi. Sedangkan bisnis kecantikan juga demikian. Tidak hanya didominasi kaum hawa, kini pria pun rajin mendatangi tempat-tempat kebugaran, salon, perawatan kulit, dan sebagainya.

3. Bisnis franchise jasa kebersihan dan laundry

Ini termasuk bisnis franchise yang laris. Banyak sekali pelaku bisnis laundry ini juga menjadi franchisor. Permintaan akan jasa laundry pun semakin meningkat terutama pada lokasi-lokasi tertentu seperti daerah perumahan, kost-kostan, dan area sekitar kampus. Jika mampu mendapatkan lokasi yang pas dan bisa menyediakan layanan laundry yang baik maka bisnis laundry ini sangat menjanjikan.

Jika ingin menjalankan bisnis ini pastikan kita memilih franchise yang sudah mempunyai reputasi yang baik. Franchisor yang sudah bereputasi tentunya memudahkan franchisee dalam memasarkan jasanya.

Dari sebagian kecil jenis usaha franchise diatas, tentunya Anda punya penilaian sendiri jenis usaha mana yang cocok dengan minat dan kantong Anda 🙂 Dalam menentukan bisnis mana yang diambil setidaknya perlu mempertimbangkan beberapa hal diantaranta, mudah dijalankan, punya banyak konsumen, harga terjangkau, dan franchisor memberikan layanan yang baik.

 

 

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.