Peluang Usaha Donat Kentang Modal Kecil Hasil Besar

usaha donat kentang

Peluang usaha donat kentang itu membutuhkan modal yang kecil, namun ternyata memiliki prospek menghasilkan hasil yang sangat besar. Apabila biasanya donat itu dibuat menggunakan bahan tepung, sekarang sudah ada metode baru dengan menggunakan kentang. Otomatis harga pokok produksi pun akan turun, di mana harga tepung lebih mahal, khususnya tepung yang berkualitas, sementara untuk mendapatkan kentang Anda bisa membayar lebih murah. Selain itu, ternyata rasa dari donat yang dibuat menggunakan kentang ini tidak kalah enak dibandingkan dengan donat yang dibuat dengan menggunakan tepung premium. Asalkan pengolahannya tepat dan bahan racikan digunakan dengan jumlah yang tepat, tidak berlebihan maupun tidak kurang. Sekarang sudah banyak orang yang memanfaatkan donat kentang untuk menghasilkan uang yang berlimpah. Mari baca selengkapnya.

Resep Donat Kentang

Bahan:

Advertisement

  • 400 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
  • 35 gram gula pasir
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 150 gram kentang kukus, dihaluskan
  • 1 butir telur
  • 115 ml air es
  • 30 gram margarin
  • 1 sendok teh garam
  • minyak goreng, untuk menggoreng

Bahan Taburan:

  • 150 gram gula donat

Cara Membuat Donat Kentang:

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder sampai rata. Tambahkan kentang. Uleni rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan.
  6. Masukkan donat ke dalam plastik yang sudah berisi gula donat. Kocok-kocok sampai donat terbalut.

Berbagai pilihan rasa donat kentang

Jangan berpikir bahwa donat kentang ini hanya satu rasa, rasa kentang, tidak begitu. Anda memang membuat donat ini dengan bahan dasar kentang, tetapi Anda dapat menambahkan topping di atasnya. Topping tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari tepung gula, misis, hingga coklat cair. Bahkan Anda juga dapat menggunakan selai dengan aneka rasa, atau menambahkan krim pada bagian dalam donat (Namun yang ini mungkin cukup sulit untuk Anda buat).

Artikel lain: Peluang Usaha Rumahan

Donat kentang prospek usaha masih oke

Sekarang ini donat kentang memang sudah mulai dikenal masyarakat dan sudah mulai banyak yang menjual, sehingga harga sudah harus bersaing. Namun masih tetap banyak target pasar yang bisa Anda raih, Anda harus pintar-pintar mencari lokasi untuk berjualan. Carilah lokasi menjual di mana masih sedikit yang menjual donat kentang di daerah tersebut, akan lebih baik jika masih belum ada yang berjualan donat kentang dan Anda yang pertama kali buka di daerah tersebut.

Anda jangan takut untuk bersaing, jika memang sudah ada yang menjual donat kentang sebelumnya, jangan kemudian berkecil hati. Anda dapat melakukan inovasi bagaimana caranya agar donat kentang Anda menjadi lebih enak atau paling tidak memiliki citarasa tersendiri. Di mana itu dapat menjadi senjata rahasia dari donat kentang Anda. Dengan memiliki kelebihan, maka Anda dapat menarik konsumen untuk selalu berlangganan donat kentang hanya kepada Anda saja, dan tidak membeli dari pesaing Anda. Juga, pelayanan pelanggan itu sangat penting, Anda harus ramah kepada pembeli, sehingga pembeli pun akan senang membeli donat kentang dari Anda.

Baca juga: Investasi Jangka Pendek

Keunikan donat kentang

Sebenarnya apabila Anda makan antara donat kentang dengan donat standar yang dibuat dari tepung tidak memiliki perbedaan terlalu besar. Namun mungkin Anda dapat merasakan bahwa tekstur dari donat kentang itu lebih halus. Sementara dari sisi penjual akan merasakan bahwa donat kentang memiliki biaya produksi yang lebih murah dibandingkan membuat donat standar dari tepung.

Bagi Anda yang berjualan donat kentang, lebih baik jangan menggoreng terlalu banyak. Anda dapat menyimpan adonan mentah di kulkas, tetapi jangan digoreng. Jika ada seseorang memesan, barulah Anda goreng, karena itu bertujuan untuk menjaga supaya kualitas rasa tetap terjaga. Supaya donat tetap hangat ketika konsumen Anda nikmati nanti. Apabila Anda sudah memiliki resep yang pas dan lezat, Anda mungkin bisa mencoba membuka waralaba donat kentang sendiri dan mencari mitra untuk membantu menjualkan donat kentang Anda, dengan pembagian keuntungan tentunya. Sekian artikel tentang peluang usaha donat kentang modal kecil hasil besar, semoga bermanfaat.

Lihat: Franchise Indonesia

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.