Peluang Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Keuntungan Berlimpah

Prospek Cerah, Peluang Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Makin Diminati

Perkembangan jumlah entrepreneur tanah air semakin meningkat, kesadaraan terutama bagi kalangan intelektual muda ditengah sulitnya mencari perkerjaan saat ini mendorong mereka mencari solusi dengan menjadi seorang pengusaha kecil dan menengah (UKM). Oleh karena itu, operasional usaha-nya pun masih berlangsung di rumah karena lebih fleksibel dan tidak memerlukan modal yang besar untuk menjalankan bisnis skala kecil tersebut.

Dalam proses perintisan sebuah bisnis rumahan untuk menjadi skala menengah hingga besar, seorang entrepreneur seringkali menemukan berbagai tantangan terutama yang berkaitan dengan modal. Namun kita bisa menemukan solusi seperti mencari investor yang bisa diajak berkerjasama atau mengajukan pinjaman kredit kepada bank yang mana sebelumnya harus mempersiapkan semua berkas dan dokumen yang diperlukan.

Advertisement

Bisnis tidak hanya berkaitan dengan uang, melainkan juga terdapat skill dan pengetahuan terhadap bisnis yang sedang dikembangkan. Sebenarnya lebih baik memulai segala sesuatu dari bawah terlebih dahulu supaya ada pengalaman akan bertambah seiring dengan berkembangnya bisnis. Jadi peluang bisnis rumahan yang dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu bisnis offline dan bisnis online dan berikut penjabarannya.

Artikel lain: Bisnis Sampingan Laundry dan Kue Kering

Bisnis Offline Skala Rumahan

Bisnis offline yang dilakukan dari rumah merupakan sebuah usaha yang umum di masyarakat, oleh karena itu maka bisnis ini harus mempertemukan orang secara langsung. Berikut berbagai macam pilihan bisnis offline rumahan.

Sangat cocok dilakukan apabila dekat dengan pemukiman yang banyak rumah kostnya, biasanya terletak dekat dengan kantor dan peguruan tinggi. Cukup pasang merek di depan rumah saja nanti pasti ada orang yang tertarik datang ke laundry. Apabila jumlah pelanggan sudah semakin banyak maka anda bisa menambahkan beberapa mesin cuci sekaligus assisten rumah tangga.

  • Membuka Warung Sembako

Merupakan jenis usaha rumahan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat, mulai dari daerah pusat kota hingga perdesaan pasti sering dijumpai warung sembako tersebut. Sebelum membuka usaha seperti ini perlu dilihat tingkat persaingannya, lokasi dan modal yang harus dipersiapkan secara matang.

  • Membuka Usaha Menjahit

Penjahit rumahan juga sering mendapatkan order terutama menjelang tahun ajaran baru dan jika kemampuan menjahit anda sangat rapi dan bagus tidak tertutup kemungkinan menerima orderan lebih banyak lagi seperti membuat seragam karyawan suatu instansi atau perusahaan. Ada banyak pengusaha fashion sukses yang berawal dari menjahit rumahan tersebut.

  • Membuka Les Private

Jika anda punya skill unik yang jarang dimiliki orang lain maka bisa membuka les private di rumah, apalagi jika ukuran rumah yang anda tempati luas. Umumnya masih banyak orang mencari guru musik yang mahir bermain biola, piano, saxophone dan alat musik lainnya atau mungkin jika anda sangat mahir bahasa asing seperti inggris, mandarin dan arab bisa menjadi modal utama membuka usaha les private.

Artikel lain: Bisnis Franchise Makanan Modal Kecil

Bisnis Online Dari Rumah

Pada umumnya bisnis online menjadi kelanjutan dari bisnis offline rumahan, misalnya profesi membuat model pakaian dapat diperkenalkan secara online karena cakupan wilayahnya lebih luas. Berikut ini bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah.

Berjualan secara offline memerlukan modal yang besar karena harus menyiapkan ruang usaha, namun dengan membuka toko online maka anda hanya perlu membeli hosting, domain dan memperkenalkan usaha melalui internet. Ada juga seorang jualan secara online yang mana tidak punya stok barang, ia hanya membantu menjual produk orang dengan selisih harga sebagai keuntungan.

  • Menjadi Penulis Lepas

Pertumbuhan situs website maupun blog semakin berkembang, tujuannya pun beragam mulai dari sekedar hobby hingga untuk mengikuti bisnis lain seperti Google Adsense. Jadi kondisi demikian membuat kebutuhan terhadap konten/ artikel pun terus meningkat sehingga anda bisa menjadi penulis lepas dengan bergabung di situs ads-id, fiverr dan lainnya.

  • Menjual Jasa Secara Online

Skill seperti developing web dan aplikasi, design logo hingga jasa SEO masih mempunyai peluang yang besar. Jasa yang dibutuhkan biasanya yang berupa Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pasang iklan di forum seperti kaskus, tawarkan jasa anda maka biasanya akan ada orang yang tertarik.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis rumahan baik secara offline dan online, sebenarnya masih banyak lagi bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah namun beberapa daftar yang telah dijabarkan diatas sudah cukup memberikan inspirasi bagi anda untuk memulai sebuah usaha bisnis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *