Panduan Cara Memilih Reksadana yang Tepat

Bagaimana Cara Memilih Reksadana Terbaik
Pilihlah Reksa Dana Dengan Cermat !

Selain memilih manajer investasi yang dapat kita percaya, memilih reksa dana yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kita juga penting. Apalagi dengan jumlah reksa dana yang cukup bombastis.  Di Indonesia sendiri ada 1157 reksa dana menurut data pada akhir bulan November 2015. Oleh sebab itu, maka  perlu cermat dalam memilihnya. Berikut ini akan kami sampaikan tips dan trik memilih reksa dana yang baik yakni berikut ini:

Pilihlah Reksa Dana Sesuai kondisi keuangan

Advertisement

Pilihlah reksa dana sesuai dengan kondisi keuangan yang kita miliki. Jika misalnya uang tersebut adalah uang pensiunan yang akan digunakan untuk kebutuhan jangka panjang 10 sampai 20 tahun lagi, maka pilihlah reksa daan saham. Namun jika uang tersebut akan digunakan untuk kebutuhan dalam jangka waktu yang cukup pendek sekitar 6 bulan maka lebih baik Anda menggunakan reksa dana pasar uang karena itu akan lebih efektif.

Pilihlah Reksa Dana Sesuai Tujuan Investasi

memilih reksa dana yang baik dan sesuai dengan tujuan kita berinvestasi

Setiap orang ingin menginvestasikan uangnya tentu memiliki tujuan masing-masing. Agar tujuan tersebut bisa tercapai maka kita benar-benar perlu memilih reksa dana yang baik dan sesuai dengan tujuan kita berinvesatasi. Untuk pemilihan reksa dana yang baik sendiri memiliki ciri-ciri atau indikator-indikator tertentu. Indikator-indikator tersebut bisa kita mnafaatkan untuk menilai dan memilih reksa dana mana yang ingin kita gunakan. Indikator-indikator tersebut diantaranya adalah:

Tingkat Keuntungan (Return)

Salah satu tujuan yang tidak dapat dipungkiri oleh setiap orang dalam menginvestasikan dananya adalah keuntungan. Oleh sebab itulah , keuntungan yang dihasilkan oleh reksa dana pada masa sebelumnya seringkali dijadikan tolak ukur dalam menilai pemilihan reksa dana. Pengukuran tersebut dilakukan berbasis relatif, jadi bukan seberapa besar persen return yang dihasilkan dari tahun ke tahun. Namun, dinilai dari segi perbadingan return reksa dana satu dengan reksa dana yang lainnya. Pilihlah reksa dana yang memiliki return yang stabil dan konsisten dalam jangka panjang.

Artikel lain: Pilih mana, investasi emas atau reksadana?

Tingkat Risiko (Risk)

Setiap hal yang kita lakukan pasti memiliki resiko, begitu juga investasi memiliki resiko yang tidak dapat dihindari namun setidaknya risk tersebut bisa diminimalisir. Jangan sampai reksa dana yang kita pilih memiliki return yang kecil namun memiliki risk yang cukup tinggi. Resiko tersebut bisa berupa kerugian yang dialami oleh investor ataupun pendekatan statistik seperti beta dan standar deviasi. Oleh sebab itu, bandingkanlah risk reksa dana yang akan Anda pilih dengan reksa dana yang sejenis dan benchmark.

Dana Kelolaan dan Unit Penyertaan

Dana kelolaan atau sering disebut dengan AUM atau sering disebut juga nilai aktifa bersih adalah keseluruhan dana yang percayakan oleh investor degan tambahan hasil jumlah pengembangannnya. Sedangkan Unit Penyertaan atau UP adalah jumlah unit yang bertambah atau berkurang yang disesuaikan dengan transaksi investor.

Dana kelolaan yang besar tidak selalu bagus begitupun sebaliknya. Jadi untuk memilih dan menilai reksa data dari AUM dan UP adalah dengan melihat AUM dan UP yang terus berkembang tiap tahunnya sehingga reksa dana dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Artikel lain: Investasi jangka pendek

Biaya Investasi Reksa Dana

Manager investasi dalam mengurus-urus kegiatan sosialisasi, mengembangkan sistem, merekrut SDM tentu membutuhkan biaya yang nantinya akan dibebankan pada investor. Dan, setiap investor pasti ingin mencari biaya investasi yang harganya terjangkau, rendah bila perlu gratis. Oleh sebab itulah sebagai investor berhak memilih kepuasaan investor dengan biaya yang telah dikeluarkan. Jika memang investor mendapatkan pelayanan yang memuaskan tentu juga akan mempertimbangkan biaya investasi yang dikeluarkan. Jadi Anda berhak memilih salah satu reksa dana dengan biaya investasi yang cukup terjangkau namun juga pelayannanya tidak mengecewakan.

Baca juga: Reksadana Syariah Terbaik

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.