Mengenali Ciri-ciri Bisnis Online Terpercaya

belanja toko online

Bisnis online di Indonesia sedang berkembang pesat. Hampir semua produk yang kita cari kini telah tersedia di internet. Mulai dari produk pakaian, makanan, alat rumah tangga, hingga otomotif dan properti. Namun, banyaknya pelaku bisnis online yang bermunculan, ternyata juga terdapat pemain bisnis online yang berniat menipu calon pembelinya. Akibat banyaknya kasus penipuan toko online ini, sebagian masyarakat masih enggan berbelanja lewat online.

Pada umumnya, alur transaksi pada toko online adalah pembeli memesan barang kemudian melakukan pembayaran lewat transfer bank. Jika pembayaran telah diterima oleh penjual, maka barang segera dikirim menggunakan jasa kurir. Pada bagian pembayaran inilah hal yang paling dikhawatirkan oleh pembeli. Uang sudah dikirim namun barang belum juga diterima.

Advertisement

Jual beli secara online, pada dasarnya merupakan aktifitas yang sangat menguntungkan bagi penjual dan pembeli. Dalam hal ini, penjual/pemilik toko online, tidak perlu repot-repot membuka tutup tokonya setiap hari, tidak perlu menghabiskan modal dalam jumlah besar untuk membuat toko, karena semua bisa dilakukan dengan mudah dan murah dengan membuat toko online. Sedangkan dari sisi calon pembeli, tidak perlu repot-repot datang ke toko, bermacet-macetan di jalan, dan bingung mencari produk yang diinginkan, karena semua tersedia di toko online.

Dikarenakan pembeli tidak langsung bertemu dengan penjual dan tidak melihat barang yang dipesan secara langsung, di titik ini rawan terjadi penipuan. Penipuan bisa berupa barang yang tidak dikirim, spesifikasi yang tidak sesuai dengan foto dan deskripsi di website, dan sebagainya. Oleh karena itu bagi calon pembeli perlu mengenali ciri-ciri toko online yang bisa dipercaya sebelum melakukan transaksi.

Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis online, bangunlah toko online Anda dengan serius dan jujur. Perhatikan poin-poin penting dibawah ini. Berikut ini adalah ciri-ciri bisnis online yang terpercaya:

Website Profesional

Sama halnya dengan berbelanja offline, hal pertama kali yang dilihat oleh calon pembeli adalah tampilan tokonya. Toko yang rapi, bersih dan indah lebih disukai oleh pembeli. Pembeli akan mendatangi toko yang dilihat bagus dibanding toko yang ‘berantakan’. Begitupun dalam berbisnis online. Toko online adalah etalase produk. Tampilan desain website yang profesional dan mudah digunakan akan membuat calon pembeli betah berlama-lama untuk mencari dan meneliti produk yang diinginkan. Desain yang menarik membuat toko online dipandang lebih kredibel dan meyakinkan. Selain itu, penting juga untuk menggunakan layanan hosting yang handal dan cari nama domain berekstensi .com atau .id. Sebaiknya hindari menggunakan hosting gratisan seperti blogspot, wordpress.com, webs.com dan sebagainya.

Informasi Produk

Toko online yang terpercaya akan menampilkan informasi produk/jasa dengan detail, dilengkapi dengan foto/video asli dan deskripsi produk yang jelas. Foto ditampilkan dengan kualitas yang baik dengan rincian mengenai berat barang, jenis bahan, warna, garansi, ketentuan retur dan sebagainya. Toko online yang dipercaya juga biasanya menawarkan harga yang wajar dan cukup masuk akal.

Informasi Kontak

Bila Anda membuka toko online, informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi bersifat wajib. Setiap website yang menjajalan produknya harus memberitahukan customer alamat lengkap, nomor kontak (telepon/sms/whatsapp/pin bb), atau layanan chat. Lebih baik lagi dilengkapi dengan profil di sosial media (facebook, twitter, google+). Pastikan bahwa nomor kontak tersebut selalu aktif dan bisa dihubungi.

Rekomendasi

Ingin pembeli semakin yakin dengan toko online Anda, mintalah testimoni dari pelanggan dan muat di halaman website. Bagi calon pembeli, hati-hatilah terhadap testimoni palsu yang terkesan berlebihan dan tidak wajar.

Berbelanja di Toko online yang sudah dipercaya biasanya karena mendapatkan rekomendasi dari teman. Pengalaman orang lain yang sudah puas dengan layanan toko online akan memberikan efek berantai dan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru. Bagi pemilik website bisa memasang widget facebook like di websitenya. Like yang diberikan orang lain dianggap sebagai bentuk rekomendasi.

Layanan Support

Salah satu alasan pembeli melakukan transaksi online adalah ingin cepat dan praktis. Oleh karena itu, pelaku bisnis online harus memberikan layanan support customer yang cepat dan baik. Respon yang cepat dari pemilik akan mendapatkan kepercayaan dari calon customer. Sebaliknya respon yang lambat akan membuat customer lari dan mencari toko online yang lain. Pastikan bahwa Anda selalu online terutama di jam kerja toko, dan nomor kontak mudah dihubungi. Semakin banyak pilihan kontak (misal pin BB, whatsapp) semakin baik dan memudahkan customer. Namun semuanya harus aktif.

Rekening Bank dan COD

Sebagian besar transaksi online dilakukan melalui transfer bank. Bisnis online terpercaya akan menyediakan beragam alternatif nomor rekening bank yang akan memudahkan customer melakukan pembayaran. Selain itu, pelaku bisnis online juga bisa mempertimbangkan alternatif, bayar di tempat (Cash On Delivery/COD) untuk wilayah tertentu. Hal ini dapat menjadi nilai tambah dalam membangun kepercayaan customer.

Itulah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin menjalani bisnis online. Jalankan bisnis tersebut dengan jujur dan amanah agar kepuasan dan kepercayaan pelanggan semakin meningkat. Mendapatkan pelanggan setia akan memperkokoh bisnis online Anda.

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.