Mengenal 3 Macam Transaksi Reksa Dana

Mengetahui 3 Jenis Transaksi Dasar Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang paling mudah dilakukan bahkan bagi mereka yang masih pemula. Bagi anda yang ingin mencoba melakukan investasi ada baiknya anda memulai transaksi dengan reksa dana terlebih dahulu. Tapi sebelum memulai investasi mari mempelajari 3 jenis keputusan mengenai transaksi dalam reksa dana yang bisa dilakukan oleh investor.

Pembelian

Advertisement

Salah satu transaksi dalam investasi reksa dana adalah transaksi pembelian. Transaksi pembelian dibedakan menjadi beberapa sub transaksi yaitu new subscription, top up, dan juga pembelian berkala

  • New subsciption

Transaksi pembelian new subsciption adalah jenis transaksi pembelian yang pertama dilakukan oleh seorang investor. Transaksi ini juga disebut dengan akun baru.

  • Top up

Adalah transaksi pembelian yang digunakan untuk menambahkan saldo investasi. Jika beberapa jenis investasi tidak memberikan kelonggaran pada penambahan saldo, reksa dana sangat longgar dan tidak memberikan ketentuan pembatasan mengenai waktu saldo bisa di tambah. Bukan hanya waktunya tapi jumlah penambahan saldo yang dilakukan sangat bebas, syaratnya hanya satu jumlahnya lebih besar dari pembelian minimal

  • Pembelian berkala

Transaksi berkala ini disebut juga dengan transaksi pembelian auto debet. Dengan transaksi ini ini seorang investor tidak perlu repot repot menyetorkan uangnya karena uang akan diambil dari tabungannya secara otomatis.

Tapi bagaimana jika uang di tabungan habis? Apakah akan dikenakan biaya denda atau double charge? Tentu saja tidak, pada dasarnya pembelian auto debet tidak sama dengan pembayaran asuransi, jadi ketika saldo di tabungan anda tidak cukup, hal ini hanya akan membatalkan transaksi pembelian anda dan anda tidak akan mendapatkan denda atau semacamnya karena hal tersebut.

Artikel lain: Cara Menghitung Transaksi Reksadana

Penjualan

Transaksi kedua adalah transaksi penjualan, transaksi penjualan juga disebut dengan redemption dalam kamus investasi. Banyak investor yang awam yang salah mengerti mengenai konsep penjualan atau pencairan investasi terutama ketika mereka membeli investasi yang sifatnya berkala. Banyak investor mengira bahwa mereka tidak bisa melakukan pencairan ketika belum jatuh tempo investasinya.

Contohnya adalah ketika seseorang membeli sebuah investasi dengan jangka waktu 10 tahun, maka ia tidak akan menjual investasinya karena tidak mengira bahwa investasi berjangka tidak bisa dicairkan terlebih dahulu sebelum jatuh tempo. Padahal hal ini keliru, pada investasi reksa dana anda bisa menjual investasi anda sesuai dengan kebutuhan anda.

Meski bebas, penjualan reksa dana sebelum jatuh tempo akan dikenai biaya penjualan. Biaya penjualan ini adalah sebuah biaya yang biasanya diberikan untuk mencegah para investor melakukan penjualan sebelum waktu pencairan yang sebenarnya. Jika anda melakukan pencairan investasi setelah waktu yang ditentukan maka mereka tidak perlu membayar biaya pencairan atau redemption fee.

Artikel lain: Mengenal Reksadana Berbasis Dollar AS

Pengalihan

Transaksi pengalihan adalah transaksi untuk mengalihkan suatu investasi reksa dana ke rekening reksa dana yang lain. Transaksi ini sering kali digunakan untuk mempermudah jual beli reksa dana. Ketika seseorang menjual sebuah reksa dana maka hasil penjualan baru akan didapatkan setelah beberapa hari, sedangkan dengan menggunakan pengalihan hal ini akan lebih mudah dan lebih cepat dilakukan. Jika melalui proses jual beli maka bisa saja biaya transaksi jual beli yang di lakukan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jika jual beli dilakukan dengan pengalihan maka proses bisa dilakukan dalam 1 hari. Meski lebih mudah dilakukan, tapi tidak semua investasi reksa dana menyediakan fasilitas ini. Jadi sebelum membeli sebuah investasi reksa dana baiknya anda mengetahui dahulu fasilitas yang diberikan oleh reksa dana tersebut.

Baca juga: Mending mana, Investasi Reksadana Sekaligus atau Berkala?

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *