Mendulang Rupiah Lewat Usaha Food Truck

Peluang Bisnis – Mendulang rupiah lewat usaha Food Truck

Zaman berganti, manusia berkembang, dan bisnis pun terus mengalami inovasi. Ini merupakan fenomena yang tak dapat dihindari oleh masyarakat. Maka, berbagai terobosan pun terus dicanangkan agar bisnis yang digeluti oleh seseorang bisa terus bertahan dan meningkat seiring dengan bergantinya waktu. Akibat dari hal ini, efek positif pun muncul di mana pelaku usaha dituntut untuk bisa menggali ide-ide baru nan kreatif dan akhirnya lahirlah bisnis-bisnis baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Satu tren yang cukup ramai dibicarakan oleh masyarakat perkotaan ialah mulai dikenalnya bisnis kuliner Food Truck. Bila anda masih asing dengan istilah ini, Food Truck adalah konsep berjualan makanan/jajanan menggunakan truck (mobil) yang telah didesain sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai kios berjalan.

Advertisement

Dengan konsep yang sangat unik ini, pastinya masyarakat menjadi semakin tertarik untuk menikmati jajanan yang anda tawarkan. Sebelum menjajah tanah air, pola berdagang dengan konsep Food Truck sudah terlebih dahulu terkenal di negara-negara bule. Kemudian, Indonesia yang suka latah dengan kebudayaan barat pun ikuta-ikutan terjangkit tren ini.

Keunggulan Food Truck

Bila dibandingkan dengan cara berjualan makanan konvensional, Food Truck tentu jauh lebih menarik perhatian masyarakat. Dengan membawa konsep baru dan suasana yang lebih segar, Food Truck menawarkan pengalaman jual beli makanan yang lebih seru dan asyik. Apalagi, kalau anda memoles truck anda dengan desain warna-warni yang menarik perhatian anak-anak atau polesan elegan untuk menampilkan kesan kafe berjalan. Ya, presentasi atau penyajian merupakan satu faktor penting dalam berjualan makanan. Sebab itulah, keberhasilan berbisnis kuliner selalu dimulai dengan tertariknya konsumen dengan presentasi yang anda berikan. Namun jangan lupa, faktor kelezatan makanan-lah yang selalu menjadi faktor utama dalam usaha ini.

Satu lagi keunikan Food Truck, yakni bisa berpindah tempat dengan mudah. Dengan kemampuan mobile yang sangat fleksibel, menuju dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mengejar konsumen yang berbeda pun sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda pun bisa berdagang di beberapa tempat dalam satu hari: berjualan di taman kota di pagi hari saat banyak orang ramai berolah raga, berjualan di lingkungan sekolah di siang hari, dan berjualan di pasar malam ketika malam tiba. Tentu saja keuntungan yang anda dapatkan anda semakin berlipat. Bila badan anda capek pun, anda bisa bergantian dengan kawan atau karyawan lain untuk terus mengejar omzet.

Artikel lain: Mendulang Dollar dari Youtube

Risiko di balik konsep Food Truck

Setiap konsep usaha pasti memiliki risiko yang harus dihadapi, begitu pun dengan konsep Food Truck. Tak dapat dipungkiri bahwa Food Truck membutuhkan modal dan ketekunan yang sangat luar biasa. Dilansir dari CNN Indonesia, hingga Agustus 2015 sebanyak 30% pengusaha Food Truck memutuskan untuk mengibarkan bendera putih hanya dalam dua bulan masa operasional seperti yang dilaporkan oleh ketua AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). Hal ini banyak dipicu oleh biaya bahan baku yang membengkak dan perpecahan di antara pemiliknya. Tak berlebihan jika kemudian dibutuhkan persiapan yang baik sebelum anda serius menggelutinya.

Baca juga: Plus Minus Waralaba Makanan Ala Gerobak

Sebenarnya, laba yang bisa anda dapatkan dari Food Truck sangatlah besar, bisa mencapai 5 juta per hari. Namun demikian, bulan-bulan awal usaha keuntungan yang diperoleh sangatlah tipis. Hal ini pun diperparah dengan biaya operasional kendaraan. Food Truck sering menggunakan mobil Combi yang sangat boros bahan bakar dan memerlukan biaya perawatan yang besar. Selain itu, sumber daya manusia yang ahli dalam mengolah makanan pun bisa dikatakan minim dan menginginkan gaji yang besar.

Artikel lain: Peluang Bisnis Sushi Rumahan

Mendulang rupiah lewat usaha Food Truck menjadi usaha baru yang kian digemari karena selaras dengan perkembangan pola kehidupan masyarakat saat ini. Hal ini pun terbukti dari meningkatnya jumlah pengusaha Food Truck di setiap tahunnya. Tidak mengejutkan, sejujurnya, mengingat janji laba yang ia berikan.

Baca juga: Peluang Usaha Sprei Waterproof

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *