Konsumen Membandingkan Harga, Begini Cara Menghadapinya

Bagaimana Menghadapi Konsumen yang “Rewel”

Menjadi wirausahawan akan memudahkan anda untuk mendapat pemasukan sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Seorang wirausaha dituntut memiliki ide cemerlang dan kreatifitas tinggi agar mampu mengemas sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru. Hal itu lah yang disebut inovasi. Namun terkadang ada banyak hal yang akan anda hadapi ketika anda harus berhadapan dengan klien.

Kepribadian dan pembawaan masing-masing klien yang berbeda akan menguntungkan anda meskipun tak jarang anda akan dibuat pusing kepala. Ada beberapa karakter klien yang kadang bisa disebut menyebalkan seperti yang ‘cerewet’ namun tidak jadi membeli dan klien yang suka membandingkan harga dengan tempat lain.

Advertisement

Sebenarnya hal itu adalah ujian bagi para usahawan yang terjun ke bisnis secara langsung. Dan sebaiknya hal semacam ini akan menjadi pemicu semangat anda untuk meningkatkan pelayanan.

Di bawah ini anda dapat menemukan bagaimana mengatasi konsumen rewel yang membandingkan harga dengan tempat lain. Beberapa cara tersebut antara lain:

Tenang dan ramah

Mengontrol emosi sangat perlu dilakukan ketika hal semacam ini mulai terjadi. Dengan menjaga emosi, anda akan dapat menghindari bogem provokasi dari para klien. Jika memang anda bisa menurunkan harga, anda juga harus memastikan bahwa anda tidak merugi dengan kebijakan tersebut karena semua orang menyukai harga murah. Anda juga harus meyakinkan klien bahwa harga yang tertera memang disesuaikan dengan kualitas produk yang dijual.

Mengobservasi profil konsumen

Hal ini mungkin akan tampak lebih sulit dibandingkan dencan cara-cara lainnya, mengingat karakter masing-masing orang sangat berbeda satu sama lain. Namun jika anda telah mendapatkan paling tidak sedikit profil atau latar belakang klien anda, hal ini akan membantu anda mencari tahu apa yang perlu dilakukan ketika menghadapi klien yang cukup cerewet tersebut.

Artikel lainnya: Kesalahan ini Membuat Investasi Apapun akan Rugi

Rendah hati dan percaya diri

Pada dasarnya variasi harga yang ada di pasaran merupakan hal yang wajar sehingga anda tidak perlu berapi-api untuk “melawan” klien yang agak cerewet dan rewel tersebut. Tidak dapat dipungkiri jika setiap orang ingin mendapatkan harga paling murah untuk kualitas terbaik. Jika anda memiliki toko online, maka hal ini akan sedikit lebih memudahkan anda. Daftar harga yang telah tertera di website toko online anda tidak akan mendorong konsumen untuk melakukan perbandingan harga, paling tidak klien tidak akan melakukannya di pembicaraan personal.

Artikel lain: Cara Sukses Bisnis Online di Facebook

Menjaga kualitas

Menjaga mutu suatu produk adalah hal yang amat sangat perlu dilakukan mengingat harga menentukan kualitas. Klien anda akan selalu kembali jika anda menyajikan kualitas terbaik dan pelayanan yang memuaskan. Mengingat ada banyak saingan keika anda mulai berwirausaha, anda harus bisa memberikan sesuatu yang “berbeda” meskipun produk yang dijual adalah sama.

Baca juga: Strategi Pemasaran untuk Bisnis baru

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.