Kelebihan dan Kekurangan Franchise Makanan ala Gerobak

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Kuliner Franchise Ala Gerobak

Bisnis kuliner franchise meraih perkembangan pesat di era ini. Para investor yang mencintai dunia kemitraan masih menjadikan investasi di bidang kuliner sebagai pilihan utama. Di Indonesia ini, bisnis ini menjadi solusi utama bagi para pebisnis dan investor untuk menjalankan bisnisnya. Perlu anda ketahui, bisnis di bidang kuliner memang tak akan pernah hilang sampai kapanpun.

Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh  praktisnya cara dalam mengolah makanan maupun minuman yang digunakan sebagai objek bisnis. Oleh karena itu banyak para investor yang berbondong- bondong untuk bekerja sama kemitraan dengan perusahaan lokal maupun asing.

Advertisement

Di sana ada berbagai macam bisnis franchise mulai dari yang bermodal milyaran sampai bisnis ala gerobak yang menawarkan modal yang lebih terjangkau. Perlu anda ketahui bahwa bisnis franchise ala gerobak lebih menarik minat masyarakat.

Namun, di balik merebaknya bisnis kuliner franchise ala gerobak, anda juga harus tahu kelebihan dan kekurangan dari bisnis tersebut. Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari bisnis tersebut?

Artikel lain: Bisnis Franchise Makanan Modal Kecil

Kelebihan dari Bisnis Ala Gerobak

  1. Dengan modal yang lebih terjangkau, bisnis ini juga menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Modal dalam bisnis ini dimulai dari harga 2 juta rupiah sampai puluhan juta rupiah. Selain itu, balik modal dari bisnis ini juga bisa didapatkan dengan cepat. Pada umumnya para franchisor memberi jaminan balik modal dalam jangka waktu kurang dari satu tahun kepada para mitra mereka. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik dengan bisnis jenis ini.
  2. Perlu anda ketahui, dalam bisnis ini anda hanya perlu menyiapkan lokasi dagang yang strategis. Selebihnya seperti peralatan berjualan akan disiapkan oleh franchisor. Oleh karena itu, anda hanya akan menyiapkan lokasi dan calon pekerja.
  3. Memiliki biaya operasional yang menjadi kelebihan dari  bisnis ini. Dengan hanya menyiapkan lokasi yang cukup, anda bisa memulai usaha dengan mudah. Selain itu, sewa tanah untuk berjualan juga tidak akan terlalu mahal. Biasanya para mitra usaha akan menyewa tanah berukuran 2 sampai 3 meter persegi untuk usaha dagangnya. Terakhir, anda hanya butuh 2 orang pekerja untuk menjaga dagangan anda.

Kekurangan Bisnis Ala Gerobak

  1. Kebanyakan dari produk kuliner yang ditawarkan oleh bisnis ini kurang menarik. Misalnya banyak produk makanan yang dijual berupa makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat seperti burger, teh kemasan, dan kebab. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk melakukan terobosan baru.
  2. Para mitra usaha tidak bisa mengontrol bisnisnya dengan baik. Kebanyakan dari mereka hanya bergantung pada franchisor. Cobalah untuk belajar menjalankan usaha sendiri dengan bimbingan dari senior anda.
  3. Persiapan dan komitmen yang kurang matang baik dari mitra usaha dan franchisor. Modal yang lebih murah membuat para pebisnis menjadikan lapak ini sebagai ajang coba- coba. Oleh karena itu, saat modal yang mereka keluarkan tidak kembali sesuai target, mereka akan menutup bisnis kuliner franchise ala gerobak tersebut.

Baca juga: Franchise Makanan Modal Dibawah 5 Juta

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.