Investasi Reksadana Sekaligus atau Berkala, Mana yang Lebih baik?

Manakah Investasi Reksa Dana yang Lebih Baik, Secara Berkala atau Sekaligus?

Terdapat 2 cara dalam melakukan investasi reksa dana, yaitu investasi sekaligus (Lump Sum) dan investasi berkala (Rupiah Cost Averaging). Dari kedua cara tersebut manakah yang dapat dipilih sebagai investasi yang lebih baik?

Sebelum anda memilih, anda harus mengetahui terlebih dahulu dari kedua jenis investasi reksa dana tersebut. Investasi berkala atau biasa disebut dengan autodebet adalah menyerahkan kepada Agen Penjual maupun Manajer Investasi dalam melakukan debet sejumlah dana yang terdapat di rekeningnya dan memberikannya ke rekening reksa dana untuk setiap bulannya.

Advertisement

Investasi berkala dapat juga dikatakan sebagai investasi secara rutin untuk tiap bulan. Sedangkan untuk investasi sekaligus merupakan sebuah  investasi yang memberikan semua dana yang anda miliki untuk satu kesempatan.

Pertanyaan yang paling tepat bukanlah mengenai yang lebih baik, namun mengenai yang jauh lebih sesuai. Karena dari kedua cara tersebut terdapat kekurangan dan kelebihannya sendiri. Semuanya bergantung pada keadaan investor tersebut, karena tidak semua cara yang baik untuk satu investor akan memberikan pengaruh yang baik juga untuk investor yang lain.

Investor Sekaligus

Kelebihan dari cara investasi reksa dana ini adalah jika anda berasumsi maka harga pada reksa dana akan selalu mengalami peningkatan ini merupakan hasil dari investasi yang lebih besar untuk jangka panjang.

Dengan anda melakukan pembagian pada dana untuk setiap kali kesempatan melakukan investasi maka anda akan mendapatkan harga yang lebih besar jika dihitung ketika harga investasi yang pertama kali anda lakukan. Ternyata cara ini sangat disukai para investor sebab harga dari reksa dana selalu fluktuatif.

Ketika anda tidak memberikan dana secara sekaligus, maka anda sebagai investor mendapatkan peluang untuk menambah investasi anda pada saat harganya sedang murah karena mengalami penurunan harga di reksa dana.

Namun terdapat kekurangan pada jenis investasi reksa dana sekaligus ini yaitu apabila anda melakukannya di waktu yang belum tepat dan tidak mendapatkan orientasi dalam jangka panjang, maka pada saat harga dari reksa dana menurun maka anda akan mendapatkan kerugian yang sangat besar. Sedangkan untuk mendapatkan waktu yang tepat tergolong tidak mudah sekalipun hal ini dilakukan oleh Manajer Investasi yang mempunyai pengalaman puluhan tahun.

Untuk itu alangkah baiknya cara ini dilakukan kepada para investor yang mempunyai orientasi jangka panjang yang siap mengalami resiko ketika harga menurun.

Artikel lain: Untung Rugi Reksadana Dollar

Investasi Berkala

Untuk cara investasi reksa dana yang ini anda lebih memperhatikan pendekatan secara disiplin untuk melakukan investasi dengan memberikan komitmen serta setiap bulannya investor memberikan sejumlah dana yang sama meskipun harganya mengalami penurunan maupun peningkatan.

Cara ini mempunyai kelebihan yaitu memberikan pelatihan kepada para investor untuk lebih displin dalam berinvestasi. Kebanyakan ketidakdisiplinan disebabkan karena gaya hidup yang menjadi seorang yang konsumtif dan tidak mampu mengendalikan sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Biasanya orang bisa menabung karena uang sisa, hal inilah yang membuat orang merasa sulit karena selalu merasa tidak cukup.

Pilihan yang sangat tepat adalah dengan belanja dari sisa dimana anda sudah memperhitungkan sekaligus untuk investasi dan sisanya anda gunakan untuk keperluan hidup. Kekurangan dari cara ini adalah tidak memperhatikan waktu dan investor hanya perlu fokus kepada tujuan investasi. Cara ini dapat dilakukan kepada mereka yang mempunyai pendapatan secara berkala misalnya seorang karyawan.

Artikel lain: Apa itu Reksadana Indeks

Kondisi Keuangan dan Rencana Investasi

Cara yang paling tepat untuk menentukan cara berinvestasi yaitu menyesuaikan antara kondisi keuangan dengan rencana investasi. Jika anda kondisi keuangan sudah sangat siap maka anda dapat memilih rencana investasi secara sekaligus, jika anda belum menyisihkan dana  maka anda dapat melakukan investasi secara berkala. Selain itu anda juga akan membutuhkan sebuah evaluasi secara berkala.

Baca juga: Mengenali Resiko Investasi Reksadana

gambar: http://argentumwealth.com

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.