Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

Investasi jangka pendek-Investasi merupakan salah satu cara pengelolaan keuangan yang banyak dipilih oleh setiap orang. Investasi yang dilakukan tidak harus selalu berbentuk investasi jangka panjang, sebagian orang justru memilih investasi jangka pendek. Biasanya orang lebih memilih investasi jangka pendek karena, mereka ingin perputaran uang yang mereka miliki lebih cepat balik modal dan menguntungkan.

Artikel terkait: Investasi Saham Online Modal Kecil

Jenis investasi jangka pendek

Jika anda ingin perputaran uang anda dalam jangka waktu yang relatif cepat, maka anda pun dapat memulai investasi jangka pendek Anda melalui beberapa jenis investasi di bawah ini, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Advertisement

Tabungan Bank

Cara ini merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menginvestasikan uang anda dengan cepat dan mudah. Cara yang satu ini pun dapat dengan mudah dilakukan oleh semua orang, baik siswa sekolah, mahasiswa ataupun orang yang sudah bekerja. Pengambilan uangnya pun dapat anda lakukan kapan saja, hanya saja presentase bunga yang dihasilkan melalui cara ini sangatlah kecil. Mungkin anda dapat mempertimbangkan cara yang lain dulu sebelum memilih cara investasi ini.

Deposito

Jika jenis investasi dengan menabung dapat dilakukan kapan pun saat anda membutuhkan uang, lain halnya dengan jenis investasi deposito ini. Sebab jenis investasi deposito hanya dapat diambil sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan, sehingga anda tidak leluasa untuk mengambil uang yang anda investasikan. Namun meskipun demikinan, persentase bunga dan juga tingkat mengembalian investasi ini sangatlah besar jika dibandingkan dengan jenis investasi tabungan bank di atas.

Investasi emas

Cara yang ini juga sangat banyak digemari oleh sebagian orang. Sebab harga emas yang selalu melambung tinggi tanpa mengalami penurunan harga yang terlalu mengecewakan. Jenis investasi ini juga cukup mudah dan cepat. Jika sebagian orang melakukan investasi ini dalam bentuk perhiasan, namun ada juga sebagain orang lebih memilih berinvestasi emas batangan. Dengan harga emas yang kini cukup fantastis, maka untuk 3 tahun atau 5 tahun kedepan harga emas bisa melambung lebih tinggi lagi sampai 2 kali lipat dari harga sekarang dipasaran. Pembelian dan penjualannya pun sangat mudah.

Artikel lain: Bisnis Franchise Makanan di Indonesia

Nominal investasi jangka pendek

  • Tabungan bank

Untuk membuat buku tabungan baru, setiap bank memiliki kebijakan masing-masing dalam menetapkan langkah awal. Namun setelah itu semua bank tidak mewajibkan berapa nominal yang harus anda tabungkan. Sehingga jumlah nominal yang anda tabungkan itu sesuai dengan keinginan diri anda, pihak bank tidak pernah memaksa ataupun mewajibkan. Investasi ini lebih banyak digunakan oleh semua kalangan, baik kalangan menengah ke bawah maupun kalangan menengah ke atas. Sebab jenis investasi ini lebih mudah dan cepat untuk pengambilannya.

  • Deposito

Untuk jenis investasi ini pun tidak jauh beda dengan investasi tabungan bank. Hanya saja diperlukan dana sebesar Rp. 5.000.000,- untuk membuka awal deposito. Namun selebihnya anda pun dapat menyesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Biasanya jenis investasi ini banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis atau usaha menengah. Sebab permutaran jangka waktu yang telah ditepatkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pokok usaha mereka setiap tahunnya. Mereka juga memiliki prospek tersendiri kenapa memilih jenis investasi deposito.

  • Investasi emas

Dengan anda memiliki 1 gr emas berarti anda sudah memiliki investasi Rp. 450.000,- sehingga meskipun anda hanya memiliki nominal emas yang kecil, namun jumlah uang yang sudah anda investasikan didalamnya bisa mencapai ratusan bahkan sampai dengan jutaan rupiah, tergantung banyaknya emas yang Anda investasikan. Harga emas yang dalam sejarahnya cenderung naik, dengam menyimpannya saja selama 3 tahun, sudah mendapatkan untung dari selisih kenaikan harga.

Itulah beberapa jenis investasi jangka pendek yang memiliki resiko cukup kecil namun memberikan imbal hasil yang tidak terlalu besar.  Ada juga beberapa investasi jangka pendek yang memberikan imbal hasil yang besar namun memiliki resiko yang besar pula.

Contoh lain investasi jangka pendek adalah investasi di pasar uang. Investasi jenis ini bisa memberikan hasil yang besar, namun dibutuhkan dana yang besar. Misalnya investasi di SBI yang memberikan imbal hasil lebih besar ketimbang bunga deposito. Investasi SBI cenderung lebih aman karena dijamin pemerintah selama ekonomi masih bagus tentunya.

Semua pilihan kembali kepada Anda. Investasi apapun pasti mengandung resiko . Pahami resikonya dan bijaklah menginvestasikan dana Anda pada program dan tempat yang tepat.

Baca juga: Waralaba yang Paling Menguntungkan

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *