Exchange Traded Fund, Investasi Reksa Dana Bergaya Saham

Belajar Investasi : Exchange traded Fund, Investasi Reksa Dana Bergaya Saham

Pernahkah anda mendengar menganai ETF atau Exchange Traded Fund? Jika belum mari kita mempelajari sedikit mengenai ETF atau Exchange Traded Fund. Exchange Traded Fund adalah sebuah investasi reksa dana yang terbuka dengan menggunakan kontrak investasi kolektif.

Investasi ini biasa diperdagangkan di bursa efek yang merupakan tempat jual beli saham. Oleh karena itu kita bisa simpulkan secara garis besar jika Exchange Traded Fund adalah sebuah investasi reksa dana yang digabungkan dengan fitur saham.

Advertisement

Pengertian reksa dana terbuka

Reksa dana terbuka adalah reksa dana dimana investasi yang dibeli oleh investor dapat dijual lagi kepada perusahaan penerbit reksa dana tersebut. Reksa dana terbuka yang akan dijual dengan tujuan untuk mencairkan reksa dana tersebut. Reksa dana terbuka bisa anda dapatkan dari banyak perusahaan manager Investasi atau MI karena sebagian besar reksa dana yang diterbitkan oleh perusahaan MI adalah jenis reksa dana terbuka.

Proses jual beli reksa dana terbuka ini disebut dengan Penjualan dan penjualan kembali atau Subscription dan juga redemption. Proses ini akan dilakukan ketika harga saham mencapai sebuah nilai yang disebut dengan Nilai Aktiva Bersih per Unit atau disingkat dengen a NAB/Up. Transaksi tersebut adalah transaksi yang menyebabkan perbedaan antara reksa dana dengan permainan saham yang sesungguhnya.

Pengolahan Dana ETF

Untuk mengolah dana ETF, sebelumnya anda bisa mempelajari cara pengolahan reksa dana indeks karena konsep dasar kedua reksa dana tersebut sama. Baik buruknya sebuah reksa dana tidak tegantung pada resiko dan juga return tapi dilihat dari selisih dari indeks acuan. Ketika selisih indeksnya semakin besar maka kinerja sebuah reksa dana dianggap kurang baik.

Selisih Indeks disebut dengan tracking error. Tracking error yang ideal dari sebuah reksa dana ITF adalah 0 yang artinya kinerja reksa dana ETF sama dengan indeks acuannya. Tapi saat ini reksa dana ETF diusahkan untuk memiliki kinerja yang lebih baik daripada acuannya.

Artikel lain: Mengenal Prospektus Reksadana

Cara jual beli ETF

Untuk mendapatkan ETF atau mencairkannya anda bisa melakukannya dengan 2 cara. Yang pertama adalah dengan menjualnya ke MI dan yang kedua adalah menjualnya pada investor ritel.

  • Unit kreasi

Cara penjualan pertama adalah dengan menjual reksa dana ke MI, cara ini sering kali disebut dengan Unit Creation atau Unit kreasi. Untuk melakukan penjualan dengan cara ini perlu dilakukan transaksi dengan jumlah yang besar. Nilai transaksi ini biasanya minimal Rp 10.000.000 yang kemudian dikalikan dengan NAB/Up.

  • Melalui Investor Ritel

Untuk menjual reksa dana ETF dengan skala yang lebih kecil, anda bisa mencoba melakukan transaksi dengan investor ritel. Jual beli saham dengan memanfatkan invetor ritel ini merupakan jual beli dalam skala kecil sehingga biasanya dilakukan melalui penjualan di bursa saham.

Jenis Investor dari ETF

ETF sebetulnya memang tidak cocok untuk dilakukan oleh investor awam. Mereka yang berani bermain ETF adalah orang orang yang memiliki pengalaman dalam melakukan jual beli investasi. Hal ini disebabkan karena dibutuhakan pengertian yang mendalam mengenai konsep reksa dana serta saham dan juga cara kerjanya.

ETF adalah jenis investasi yang sangat populer di luar Indonesia, hal ini karena investor di luar Indonesia banyak memiliki pengalaman dan juga edukasi mengenai investasi yang lebih mendalam. Di Indonesia sendiri ETF masih dalam taham berkembang karena seluruh komponen investasi di Indonesia baik dari sisi investor dan juga dari sisi perusahaan semuanya masih berkembang.

Baca juga: Panduan Investasi Reksadana

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.