Cara Menentukan Target Pasar Bagi Usaha Kecil

Tips Sukses Bagi Pemula Usaha Kecil

Sebelum melakukan suatu usaha kecil diperlukan beberapa langkah agar usaha yang dijalankan sukses berkembang dan bertahan lama. Pelaku bisnis diharapkan melakukan survey lapangan terlebih dahulu agar jelas siapa target pemasarannya, produk apa yang sebaiknya ditawarkan. Tidak serta merta melempar produk ke masyarakat dan berharap laba mengalir deras.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pemula bisnis agar usaha kecil mereka dapat berjalan lancar:

Advertisement

  1. Buatlah focus tujuan dari usaha anda. Jika anda sudah punya fokus tujuan akan seperti brand yang ingin anda kembangkan, anda akan lebih mudah dalam membuat produk atau menentukan jasa apa yang ingin anda tawarkan. Selain itu anda akan lebih mudah melihat target pasar yang seperti apa yang ingin anda tuju. Misalkan anda ingin usaha anda fokus berkecimpung di dunia kecantikan. Maka anda bisa lebih mudah menentukan produk atau jasa apa yang bisa anda tawarkan misalkan sabun kecantikan, jasa salon atau spa. Saat anda survey lapangan anda bisa fokus mencari target pasar yang anda inginkan contoh target pasar yang anda inginkan wanita karir atau ibu rumah tangga.
  2. Mantapkan produk atau jasa yang anda tawarkan. Saat anda membuat suatu produk atau jasa, anda harus lebih dulu mempertimbangkan apa keunikan dan kelebihannya dari produk lain. Apa keuntungan bagi konsumen jika memilih produk anda. Sehingga saat produk atau jasa anda mulai ditawarkan ke pasar luas, produk atau jasa anda akan menonjol di pasaran dan tidak tenggelam di antara produk-produk sejenis.
  3. Jika anda memahami produk atau jasa yang ditawarkan, anda bisa fokus dalam membuat strategi khusus pengembangan produk. Dengan fokus dalam berstrategi, anda mampu menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas serta mampu mengurangi hal-hal percuma yang tidak berkaitan dengan pengembangan usaha.
  4. Lakukan survey lapangan dan identifikasi target pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Mengetahui target pasar sangat penting dalam kelancaran bisnis anda. Jangan sampai anda memasarkan suatu produk atau jasa di dalam suatu komunitas yang sama sekali tidak membutuhkan produk atau layanan anda.
    Artikel lain: Franchise yang Aman Bagi Pemula
  5. Buatlah suatu slogan atau pesan yang mampu mencirikan produk anda saat anda mulai memperkenalkan brand anda ke masyarakat luas. Slogan atau pesan itu harus berisi informasi faktual mengenai produk atau jasa anda serta kelebihan dan keunikannya dan sebisa mungkin dalam kalimat yang sederhana dan mudah diingat. Sehingga saat konsumen mendengar slogan atau pesan di suatu saat nanti, mereka akan langsung teringat akan produk atau jasa anda.

Semoga artikel mengenai tips langkah sukses dalam berusaha kecil mampu membantu para pemula mengembangkan bisnisnya ke tingkat yang lebih besar.

Baca juga: Plus Minus Franchise ala Gerobak

gambar: http://blogs.ubc.ca/hannahwang/files/2013/10/target1.jpg

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.