Cara Memulai Bisnis Untuk Raih Kesuksesan

pantang menyerah

Pebisnis memang memiliki penghasilan yang lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan karyawan, apalagi jika kita bisa menjadi pebisnis yang sukses. Namun menjadi pebisnis tidaklah mudah sehingga banyak yang mengalami kegagalan kemudian menyerah. Tapi bukankah memang tidak ada orang yang langsung sukses bukan? Karena memang tidak ada jalan yang lurus-lurus saja, pasti ada tikungannya walaupun satu atau dua.

Kegagalan dalam berbisnis ini mungkin dikarenakan cara memulai bisnis yang tidak benar. Bukankah start awal selalu menentukan hasil akhir kita? karena itulah, perhatikan langkah awal kita dalam berbisnis agar bisnis kita sukses. Salah satu caranya adalah dengan memulai usaha kecil lebih dahulu, bahkan Bill Gates saja memulai usahanya dari usaha kecil.

Advertisement

Orang-orang yang selalu memulai bisnis selalu ingin mendapatkan hasil instan yang tinggi, tentu saja itu salah. Bahkan dalam memulai bisinis kecil saja, kita memiliki aturan agar berhasil. Salah satunya adalah lebih realistis. Realistis disini maksudnya adalah saat membuat model bisnis, kita harus melihat kesekitar kita atau contoh model bisnis yang telah sukses. Selain itu, jangan menginvestasikan uang sendiri. Cara memulai bisnis yang benar dan aman memang dengan mencari partner karena bisnis adalah medan yang penuh dengan resiko. Hal ini untuk berjaga-jaga jika bisnis kita tidak sesuai dengan harapan dan kita memiliki dana start up yang membuat kita tidak perlu dikejar-kejar penagih hutang.

Dalam berbisnis, kita juga harus menghargai waktu. Ingat, waktu adalah uang, itulah yang selalu ditekankan oleh para pebisnis sehingga mereka lebih menghargai waktu dan juga membantu saat kita akan mengambil keputusan. Selain itu, dalam berbisnis juga kita perlu memperbudak diri sendiri. Hal ini sangat berlaku untuk awal bisnis, karena biasanya kita tidak bisa menggaji karyawan diawal bisnis. Karena itulah kita harus bersedia lembur dan bekerja keras, melupakan kepentingan pribadi, bahkan terkadang kesehatan. Cara memulai bisnis yang ekstrim memang, namun hal ini memang modal awal untuk pebisnis. Kita juga perlu merekrut karyawan dengan baik, tidak perlu tergesa-gesa agar karyawan yang kita rekrut sesuai dengan visi usaha kita.

Saat memulai bisnis, kita harus menjual kelebihannya, bukan harganya. Jika kita menjual atau bersaing berdasarkan harga, maka keuntungan yang akan kita perolehpun pas-pasan, bahkan bisa juga tidak dapat mengembalikan modal kita. Karena itulah, kita harus bisa meyakinkan pembeli bahwa walaupun produk kita berharga tinggi karena memang kualitasnya juga tinggi. Dalam cara memulai bisnis yang baik,kita harus mengetahui angka dasar yaitu banyaknya dana yang diperlukan untuk memulai bisnis. Dana disini termasuk harga sewa, asuransi karyawan, listrik, pajak dll. Bahkan waktu operasi bisnis kitapun harus diperhitungkan baik-baik sebagai angka dasar. Kita juga memerlukan teknologi yang terbaru namun rendah biaya seperti cloud technolgy untuk penyimpanan data.

Dalam berbisnis, kita juga harus memperlakukan vendor dengan baik. Hal ini akan membantu kita memperoleh diskon dan bisa memperoleh pengiriman gratis, bahkan mungkin mereka akan memaklumi jika kita terlambat melakukan pembayaran. Terakhir, jadilah yang terbaik, jangan melakukan bisnis kita dengan setengah-setengah. Pepatah yang mengatakan pelanggan adalah raja benar-benar harus diterapkan sehingga kita mampu memberikan image yang baik. Ingat, kekuatan mulut ke mulut bahkan lebih besar daripada kita pamflet iklan yang kita sebar. Itulah beberapa cara memulai bisnis yang bisa kita terapkan. Tentu saja, yang terpenting adalah jangan pernah menyerah saat kita memulai kegagalan. Saat kita dipukul, maka kita tau bagaimana sakitnya dipukul sehingga kita akan menghindari kesalahan yang membuat kita dipukul, begitu juga dalam berbisnis.

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *