Cara Membuat Dan Mengembangkan Usaha Sosis Bakar Rumahan

Peluang Usaha Rumahan Sosis Bakar

Sosis sudah dikenal sejak lama, meskipun bukan makanan asli Indonesia namun kepopuleran-nya setara dengan sate hingga rendang. Mungkin selama ini anda sering melihat sosis digunakan sebagai bahan campuran berbagai masakan seperti sup dan nasi goreng untuk memperkaya citarasa. Sejak beberapa tahun terakhir mulai banyak kreasi baru dari menu sosis yang sangat digemari banyak orang seperti sosis bakar yang dapat dinikmati sebagai camilan bersama keluarga di rumah.

Karena banyaknya minat masyarakat terhadap sosis maka bisa anda jadikan peluang usaha yang menguntungkan apabila serius dalam menjalankannya. Anda dapat melumuri sosis dengan berbagai jenis saus seperti rasa barbeque, rasa keju, mayonese dan lainnya. Untuk memulai usaha jualan sosis tidak harus mengeluarkan modal besar, semua dapat disesuaikan dengan budget dana dan target penjualan yang anda tetapkan sebelumnya.

Advertisement

Usaha jualan sosis bakar dapat dilakukan oleh siapa saja, ibu rumah tangga juga bisa ikut terjun kedalam bisnis sebagai upaya untuk menambah penghasilan keluarga. Caranya cukup mudah yakni dengan menyiapkan gerobak bergaya modern dan tempatkan di pusat keramaian seperti didepan sekolah, area mall hingga disekitar objek wisata.

Artikel lain: Peluang Usaha Waralaba Bakso

Resep Dan Cara Membuat Sosis Rumahan

Sebelum memulai bisnis jualan sosis maka sebaiknya harus mengetahui dan  menguasai resep membuat sosis secara benar. Bila perlu lakukan uji coba beberapa kali dengan berbagai kreasi untuk mendapatkan komposisi terbaik. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan sosis sangat mudah didapatkan seperti daging ayam, sapi atau ikan, tepung tapioka, telur dan bebagai bumbu dapur. Selain itu jangan lupa juga menyiapkan plastik yang akan berfungsi sebagai “casing sosis”.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama silakan giling daging ayam/sapi/ikan kemudian campurkan dengan es dan masukan kedalam blender sampai halus merata. Setelah itu campurkan adonan dan segala bumbu seperti merica bubuk, garam, tepung tapioka, putih telur, gula pasir, bawang putih dan bahan lainnya hingga benar benar tercampur dengan sempurna.

Kemudian masukan semua adonan kedalam plastik segitiga yang sudah dilubangi pada bagian ujungnya, langkah selanjutnya masukan adonan kedalam casing sosis sampai semua adonan habis. Setelah itu anda dapat mengikat sosis dengan benang dengan panjang minimal 10 cm (sesuai selera), segera kukus hingga matang. Selanjutnya dinginkan sosis kedalam air es dan sosis siap untuk diolah kembali menjadi berbagai jenis makanan termasuk sosis bakar.

Menentukan Target Pemasaran Sosis

Setelah sukses uji coba pembuatan sosis maka sekarang masuk kedalam tahap pemasaran, seperti yang telah dijelaskan diatas terdapat banyak cara yang bisa anda lakukan seperti mulai dari cara paling konvensional yakni menjual sosis bakar secara langsung, atau apabila anda tidak sempat dapat menitipkan sosis dagangan  di kantin atau stand makanan yang ada di pusat keramaian, namun sebelumnya anda harus harus melakukan penjajakan kepada pemilik kantin/stand agar bisa diajak berkerjasama.

Anda juga harus menentukan target pemasaran produk yang akan dijual, umumnya sosis sangat digemari oleh anak anak dan remaja, jadi usahakan cari lokasi dimana terdapat banyak anak anak seperti didepan sekolah, dekat taman bermain dan tempat lainnya, dengan demikian anda telah berhasil menentukan target pemasaran secara jelas.

Artikel lain: Peluang Usaha Donat Kentang

Atau bisa juga melakukan pemasaran dengan mendistribusikan sosis mentah dalam bentuk makanan beku ke minimarket atau swalayan, jika bisnis anda sudah berkembang besar. Namun segala sesuatu akan lebih baik berawal dari skala kecil terlebih dahulu  guna mendapatkan banyak pengalaman dan berkembang secara bertahap hingga mencapai kesuksesan.

Baca juga: Peluang Usaha Waralaba Ayam Goreng

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *