Cara Manager Investasi Mengelola Reksadana

Pengelolaan Reksa Dana Oleh Manajer Investasi

Berinvestasi seringkali menjadi pilihan banyak orang. Salah satunya adalah investasi di reksa dana. Lalu bagaimana pengelolaan reksa dana agar bisa terkelola  dengan baik dan mulus? Agar investor bisa nyaman untuk selalu menginvestasikan uangnya di reksa dana? Berikut ini akan kami sajikan info bagaimana manajer investasi bisa mengelola reksa dana dengan baik.

Pada umumnya, dalam pengelolaan dana investasi ada tiga bagian devisi yang mengelola. Tiga devisi tersebut tentu memiliki tugas yang berbeda dan saling berkaitan satu sama lain. Tiga devisi tersebut adalah :

Advertisement

Untuk divisi bagian pertama adalah tim riset atau analis. Devisi ini memiliki tanggug jawab yang cukup penting yakni mengumpulkan data-data dari perekonomian perusahaan. Setelah itu juga bertanggung jawab untuk mengalisa terhadap data-data tersebut.

Untuk bagian yang kedua yakni bagian manager investasi. Seorang manager investasi inilah yang bertanggung jawab terhadap pengambilan kebijakan dan kesimpulan beberapa bobot saham, obligasi dan pasar uang dalam membentuk portofolia reksa dana. Untuk jabatan ini biasanya diduduki oleh orang yang sudah memiliki pengalaman yang lama di perusahaan pada devisi riset atau analis.

Sedangkan untuk bagian nomer tiga yakni dealer. Dealer ini lah yang bertugas untuk melaksanakan atau mengeksekusi pembelian saham, obligasi dan pasar uang yang tentu telah diperintahkan oleh manager investasi. Selain itu, bagian dealer juga bertanggung jawab untuk pengalokasian transaksi ke masing-masing sekuritas. Biasanya, hal ini terjadi jika manager investasi melakukan transaksi terhadap jasa beberapa perusahaan sekuritas secara sekaligus.

Sedangkan untuk pengambilan keputusan dalam pengelolaan reksa dana berjalan sebagamana berikut:

Analisa Data Pasar

Sudah kami jelaskan sebelumnya di atas bahwa tuga dari seorang analis adalah mengumpukan data, menganalisanya dan memberikan kesimpulan dari data tersebut. Kesimpulan dari data tersebut bisa berupa keadaan ekonomi yang  sudah cukup kondusif atau tidak perlu melakukan investasi. Selain itu dalam analisa data pasar juga menentukan instrumen apa yang kira-kira memiliki prospek yang baik untuk bulan mendatang.

Untuk pengumpulan data tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber misalnya data dari laporan keuangan perusahaan, ataupun dari penyedia data-data seperti Bloomberg, Reuters, Infovest. Sedangkan untuk mendapatkan informasi aksi perusahaan terkini bisa kita dapatkan dari pemaparan investor relation.

Artikel lain: Investasi Reksadana Syariah

Penentuan Investment Universe

Untuk keberlangsungannya,  pasti akan ada pembahasan arah reksa dana untuk ke depannya. Hal ini biasanya di bahas oleh analis dan manajer investasi dalam pertemua internal secara berkala. Dalam proses pertemuan tersebut nanti manajer investasi juga mendapat masukan dari pihak lain seperti komite investasi, analis eksternal dan manajemen perusahaan ataupun dari analis eksternal yaitu analis yang bekerja di broker atau sering juga disebut sell side analyst.

Pihak-pihak tersebut memiliki peran masing-masing yang saling berhubungan. Untuk komite investasi sendiri memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap Tim Pengelola Investasi dalam menjalankan segala kebijakan termasuk strategi investasinya.

Untuk tim komite investasi ini biasanya terdiri dari komisaris manajer investasi, jajaran para direksi, ataupun bisa dari perwakilan-perwakilan dari perusahaan asing jika penanaman modal tersebut dari luar negri.

Pembentukan Portofolio Reksa Dana

Jika data-data dan informasi yang dibutuhkan sudah lengkap dan memadai maka manger investasi akan melakukan transaksi saham, obligasi ataupun pasar uang untuk membentuk portofolio reksa dana. Proses transaksi ini bergantung pada strategi investasi dan risiko likuiditas reksa dana. Dan proses inilah yang membedakan antara manager investasi satu dengan yang lainnya. Setiap manager memiliki strategi yang berbeda untuk menarik kepercayaan investor untuk melakukan investasi.

Baca juga: Cara Investasi Reksadana Saham

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *