Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil yang Cocok bagi Mahasiswa

Menjadi mahasiswa tidak hanya berarti menjadi pencari kerja saat lulus nanti. Menjadi mahasiswa bisa juga berarti menjadi pencipta lapangan kerja baru. Untuk menjadi pencipta lapangan kerja atau pengusaha dibutuhkan faktor keuletan dan kreatifitas. Bagi mahasiswa yang masih menjalani pendidikannya tentu kendala modal bisa menjadi penghambat utama. Namun, kenyataan bahwa siapapun bisa menjadi pengusaha termasuk mahasiswa, dan modal bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan suatu bisnis, maka seorang mahasiswa yang akan terjun ke dunia bisnis bisa memulainya dengan mengandalkan keunggulan yang dimilikinya yaitu kreatifitas.

Ketiadaan modal bisa diatasi dengan kreatifitas. Sudah banyak bukti menunjukkan bahwa seorang pengusaha yang hari ini menjadi pengusaha sukses mengawali karir bisnisnya dari nol, dari sejak mahasiswa bahkan dari sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Bidik Target Pasar

Bagi seorang mahasiswa, ditengah kesibukannya menuntut ilmu, tidak ada salahnya mencoba bisnis sampingan kecil-kecilan. Bisa dengan menjajakan barang atau menawarkan jasa.

Advertisement

Misalnya saja, di setiap kampus pada umumnya terdapat mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bidiklah pasar mahasiswa dengan menjual barang-barang, makanan, hal-hal unik lainnya yang berasal dari daerah Anda. Misalnya, mahasiswa asal Lampung bisa memasarkan kopi lampung atau keripik pisang Lampung, mahasiswa dari Bandung bisa memasarkan produk fashion yang sedang tren di kalangan anak muda, jajanan khas Bandung, dan sebagainya. Bisnis sampingan ini sangat menjanjikan dan bisa mencukupi uang saku setiap bulan.

Ada juga mahasiswa yang menawarkan keahliannya dalam bidang komputer, jual beli laptop, dan servis laptop. Keahliannya bisa digunakan dengan membantu rekan mahasiswa yang ingin membeli komputer atau laptop dengan spesifikasi tertentu. Cukup dengan rajin-rajin membaca majalah IT/komputer dan memantau harga terbaru di toko-toko komputer. Jika layanan yang kita berikan memuaskan maka jasa kita akan tersebar di seantero kampus.

Bidang lain yang bisa dicoba adalah layanan bimbingan belajar. Mahasiswa dengan bekal keilmuan yang mumpuni bisa memanfaatkan keahliannya dengan membuka jasa bimbingan dan konseling mata kuliah bagi para adik kelas yang akan menempuuh ujian semester. Bisa juga membuka bimbingan belajar dengan target pelajar SMP/SMA. Apalagi jika mahasiswa tersebut berasal dari kampus ternama, ini bisa menjadi modal tambah yang bernilai jual tinggi ketinggi modal dalam bentuk uang.

Jika Anda mempunya keahlian dalam mengetik, Anda bisa membuka jasa pengetikan. Mahasiswa tentunya disibukkan dengan kegiatan-kegiatan seperti membuat makalah, proposal, skripsi, dan sebagainya. Anda bisa menawarkan jasa ini dari mulut ke mulut, menempel pengumuman/iklan di mading-masing kampus dan sekitar kost-kostan mahasiswa. Hasilnya akan sangat lumayan untuk menambah uang jajan bahkan uang SPP.

Bagi mahasiswa atau mahasiswi yang mempunyai keahlian memasak, bisa menggunakan keahliannya dengan menawarkan jasa catering. Tawarkan paket makanan sehat dengan layanan free delivery ke kantung-kantung tempat tinggal mahasiswa (kost). Jika tidak bisa atau tidak sempat masak, tawarkanlah jasa pemesanan makanan. Anda berbekal daftar menu makanan yang bisa dipesan dari berbagai rumah makan yang berada di sekitar kampus.

Dan masih banyak lagi peluang bisnis sampingan dengan modal kecil yang cocok bagi mahasiswa. Kuncinya adalah do it! Lakukan saja apa pun yang bisa Anda lakukan.

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.