Bisakah Memfranchisekan Usaha Tanpa Sertifikat Merek?

Bila Anda sudah memiliki usaha yang laris manis dan sudah dikenal oleh banyak orang, ini merupakan peluang untuk melebarkan sayap bisnis Anda dengan membuka cabang dengan sistem franchise.

Hal yang berlaku di pasar umumnya jika suatu barang atau jasa laku di pasar, maka akan banyak sekali orang/pelaku bisnis yang akan meniru atau menduplikasi produk/merek dari barang tersebut. Karena membangun merek dari nol bukanlah perkara yang gampang. Mendapatkan merek yang terdaftar secara resmi pun juga bukan hal yang mudah.

Bisakah usaha yang telah laku di pasar dan sudah dikenal banyak orang langsung difranchisekan tanpa harus menunggu terbitnya sertifikat merek? Sangat tidak disarankan Anda melakukannya. Untuk usaha yang akan difranchisekan harus mendaftarkan terlebih dahulu merek yang dimilikinya. Jika Anda nekat menawarkan franchise walau belum punya sertifikat merek, dikhawatirkan akan timbul masalah di kemudian hari. Hal ini sudah pernah terjadi dimana suatu usaha dituntut ke pengadilan karena menggunakan merek yang sudah terdaftar oleh orang lain. Pelanggaran ini bisa diancam pidana karena melanggar ketentuan perundangan UU no. 15 tahun 2001 tentang Merek.

Agar kejadian seperti ini tidak berulang, maka sangat diharuskan untuk mendaftarkan terlebih dahulu merek yang akan dipasarkan hingga terbit sertifikat yang diakui resmi oleh pemerintah.

Advertisement

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.