5 Waralaba Terbaik dan Populer di Amerika

Bisnis franchise di Amerika telah berkembang pesat sejak awal tahun 1900-an. Jika melihat kepada sejarah lahirnya bisnis franchise/waralaba, memang pertama kali lahir di Amerika yaitu produk mesin jahit Singer. Hari ini franchise semakin besar dan ada hampir di setiap pelosok di Amerika. Berikut ini adalah 5 franchise populer di Amerika yang semuanya sudah hadir di berbagai negara termasuk Indonesia.

5 Franchise Terbaik di Amerika Serikat

Subway®
subway
Restoran Subway berdiri sejak tahun 1965 dengan kantor pusat di Miami Springs, Florida. Perusahaan ini menawarkan franchise sejak tahun 1974. Restoran Subway menjual menu makanan sandwich, bagel, salad, dan menu makanan lainnya yang dijajakan oleh toko retailnya. Subway menawarkan penyewaan peralatan bagi semua franchisee di Amerika Serikat. Franchisee yang berminat membeli franchise/waralaba ini membutuhkan modal investasi minimal $100,000.

Advertisement

McDonald’s
McDonalds
McDonald’s merupakan franchise makanan cepat saji yang telah eksis sejak tahun 1955. Kantor pusatnya berada di Oak Brook, Illinois. McDonald’s menawarkan menu makanan seperti burger, ayam goreng, dan berbagai menu khas McD. Lokasi tokonya biasanya berada di gedung tersendiri, pusat jajanan, pusat perbelanjaan, dan berbagai lokasi yang menjadi citra McD. Kini franchise McDonald’s telah memiliki ribuan gerai di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia.

Artikel lain: keuntungan membeli waralaba

KFC
kfc
Franchise berikutnya yang masuk ranking ketiga adalah KFC yang juga bergerak di bidang makanan cepat saji dengan spesialiasi ayam goreng. Produk andalan KFC adalah ayam goreng khas dengan bumbu tepung yang renyah. Menu sajian KFC sudah memiliki merek dagang tersendiri, terdaftar dan rahasia, semuanya milik KFC Corporation. Investasi minimal untuk membuka franchise KFC sekitar 1,3 juta US Dollar (standar di Amerika). Franchisor KFC adalah KFC Corporation (KFCC) yang berinduk pada YUM! Brands, Inc.

Burger King
burger king
Sesuai namanya, franchise yang berdiri sejak 1956 ini menjual menu hamburger. Burger King berkantor pusat di Miami, Florida. Penawaran franchise Burger King memiliki tiga bentuk yang berbeda berdasarkan kepemilikan franchise, individu, kelompok, atau perusahaan. Franchise diberikan pada 3 jenis lokasi yang berbeda yaitu: 1. Lokasi Kelembagaan (seperti gedung-gedung pemerintah, fasilitas umum, bandara, stasiun kereta api, stasiun bis, pabrik, kampus, taman hiburan, kebun binatang, dan sebagainya) 2. Bangunan Sendiri yang berdiri bebas atau termasuk dalam bangunan pusat perbelanjaan 3. Lokasi yang meliputi bisnis lain seperti ritel, pompa bensin, toko-toko, dan lain sebagainya.

7 Eleven
7eleven
7-Eleven berdiri sejak 1927 dan membuka franchise sejak 1964 dengan kantor pusat di Dallas, Texas. Toko 7-Eleven adalah toko ritel yang menawarkan kenyamanan kepada para pengunjungnya dengan jam buka layanan lebih panjang dibanding toko lainnya, biasanya buka 24 jam. 7-Eleven menyajikan berbagai macam produk, termasuk produk yang jarang ditemui di tempat lain untuk memenuhi kebutuhan para tamunya. Ada dua tipe franchise yang ditawarkan, yaitu tradisional individu dan konversi bisnis. Tipe tradisional berarti franchisor mengakuisisi tanah, bangunan, dan peralatan untuk toko. Pemberian waralaba untuk franchisee tidak memberikan franchisee hak untuk mengoperasikan setiap unit tambahan. Dalam program waralaba 7-Eleven untuk individu toko 7-Eleven tradisional, hanya Unit waralaba tunggal yang ditawarkan. Sedangkan tipe konversi bisnis, adalah franchisee bertanggung jawab memiliki tanah dan bangunan serta membayar royalti yang berbeda dari toko tradisional.

Itulah kelima franchise terbesar dan terbaik di Amerika saat ini. Dibawahnya masih ada franchise ternama lainnya seperti Hertz, Pizza Hut, Ace Hardware Corporation, Wyndham Hotels and Resorts, dan GNC Live Well. Franchise-franchise tersebut bukan hanya merajai di negara asalnya saja, tetapi sudah mendunia.

Baca juga: perbedaan alfamart dan indomaret, investasi reksadana syariah terbaik

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.