5 Tips Sukses Bisnis Waralaba

tips sukses waralaba
business man writing Success (image: franchisedirect)

Salah satu hal penting untuk membuat pilihan besar adalah peluang bisnis waralaba. Disamping itu untuk membuat bisnis waralaba baru Anda sukses adalah hal penting berikutnya. Tidak ada jaminan/garansi dalam berbisnis waralaba.

Atas dasar pemikiran tersebut, pada artikel ini akan dijabarkan 5 hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang kesuksesan saat Anda memutuskan menjadi pemilik dari bisnis waralaba.

Artikel lain: Waralaba yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Advertisement

5 Tips Sukses Waralaba

1. Ikuti Aturan Main

Keberhasilan waralaba sebagai sebuah model bisnis adalah karena adanya aturan. Hal ini dimaksudkan menjaga keteraturan/keseragaman. Itulah mengapa saat Anda makan burger di McDonald’s Jakarta, ternyata memiliki rasa yang sama saat Anda makan burger di Bandung. Jika Anda perhatikan banyak hal yang sama dan seragam pada gerai-gerai waralaba tersebut. Mulai dari jenis makanan hingga pakaian yang dikenakan para pramusajinya.

Aturan main ini termasuk bagian dalam mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh franchisor (pewaralaba). Tugas franchisee (terwaralaba) adalah mengikuti standar operasi, mengikuti marketing plan, mengikuti arahan dan petunjuk franchisor.

2. Menggunakan Teknologi

Saat ini para franchisor mempunyai kemampuan untuk menawarkan para franchisee teknologi yang mumpuni. Pemilik waralaba yang bisa mengakses teknologi canggih akan memberikan keuntungan besar daripada kompetitor bisnis independen yang tidak mampu menerapkan teknologi walaupun mereka mempunyai pengetahuan mengenai hal itu.

3. Perhatikan soal Angka

Jika Anda bukan orang yang suka memperhatikan detail angka-angka, ini adalah tantangan untuk memperhatikan faktor angka. Salah satu tugas yang paling penting sebagai pemilik waralaba adalah mengelola biaya. Keberhasilan dalam mengelola angka-angka ini akan memberikan dampak yang besar pada lini bisnis Anda di akhir tahun. Perhatikanlah yang menjadi indikator-indikator kunci pada angka-angka tersebut.

Artikel lain: Sekilas Tentang Reksadana

4. Jalin Pertemanan dengan sesama Franchisee

Dalam bisnis waralaba, Anda tidak sendirian. Anda tidak hanya mempunyai akses ke kantor pusat waralaba untuk menelponnya saat butuh bantuan, Anda juga bisa mempunyai jaringan bisnis antar sesama franchisee (terwaralaba) yang kapan saja bisa Anda telpon dan email bila diperlukan.

Sebuah ide: Pilih saja minimal 2 teman franchisee selama fase penelitian sebelum membeli waralaba. Simpan nomor telepon mereka dan tempatkan pada menu panggilan cepat. Hubungi mereka sebelum Anda menelpon ke kantor pusat jika mengalami masalah yang tidak bisa dipecahkan. Mereka akan membantu Anda sebisa mungkin atau mengirimkan franchisee lain untuk membantu. Jangan lupa, tawarkan pula bantuan kepada mereka, mungkin di masa depan sehingga terjalin pertemanan yang berjalan dua arah dan saling membutuhkan.

5. Aktif di Komunitas Lokal

Anda perlu untuk terlibat dalam komunitas lokal. Anda sekarang adalah pemilik usaha kecil lokal. Ada banyak keuntungan dengan terlibat dalam suatu komunitas bisnis. Diantaranya, Anda bisa membli sebuah stan di acara komunitas, mensponsori sebuah tim dan membeli iklan banner pada pertandingan olahraga, menjadi anggota aktif Kamar Dagang, hingga terlibat dalam acara amal di tempat usaha Anda.

Jika Anda belum pernah aktif dalam komunitas lokal Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Anda akan lebih senang dengan terlibat aktif di dalamnya.

Artikel lainnya: Peluang Waralaba Ayam Goreng

Demikian tips sukses waralaba yang bisa Anda coba aplikasikan. Semoga dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam menjalankan bisnis waralaba.

Baca juga: Keuntungan Membeli Waralaba

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *