5 Langkah Penting Sebelum Membeli Bisnis Franchise

membeli franchise

Tingginya animo masyarakat terhadap bisnis franchise saat ini merupakan hal yang positif dan perlu terus dikembangkan. Bisnis franchise merupakan salah satu peluang usaha yang mudah dijalankan terutama bagi pelaku bisnis pemula. Dikarenakan pembeli bisnis franchise cukup melakukan duplikasi atas sistem yang sudah terbukti berhasil oleh pemilik bisnis tersebut. Bisnis franchise yang sukses biasanya mempunyai tingkat kegagalan yang lebih kecil dibandingkan dengan bisnis yang masih baru.

Meski demikian, membeli bisnis franchise tidaklah mudah. Perlu beberapa pertimbangan sebelum memustuskan untuk menjalankan bisnis franchise. Walaupun membeli suatu franchise yang telah dikenal sukses, bukan berarti menjalankannya dengan santai tanpa kesungguhan dan kerja keras akan mendapatkan hasil yang sama dan lebih besar. Oleh karena itu, bagi yang ingin membeli bisnis franchise ada baiknya memperhatikan langkah-langkah strategis berikut ini agar dapat meminimalisir potensi kerugian.

Pahami Konsep Bisnis Franchise secara Utuh

Advertisement

Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli bisnis francise adalah kenali posisi Anda. Sebagai franchisee (pembeli franchise) sangat disarankan agar benar-benar memahami konsep bisnis franchise yang ditawarkan secara utuh dan mendalam. Tidak hanya sekedar ikut-ikutan tanpa memahami konsepnya. Ini merupakan langkah penting. Salah di langkah pertama bisa berimbas pada langkah-langkah berikutnya.

Lakukan Penelitian Terhadap Peluang Bisnis Franchise dan Potensi Pasarnya

Setelah memahami konsepnya, langkah selanjutnya adalah melakukan investigasi untuk meneliti seberapa besar peluang bisnis franchise dan bagaimana dengan potensi pasarnya. Langkah kedua ini tidak bisa dipandang remeh. Ini merupakan bagian yang tak kalah krusialnya. Penelitian dan investigasi akan bisnis ini memberikan pertimbangan kepada Anda dalam memilih dan membeli suatu bisnis franchise. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai bisnis tersebut seperti potensi pasarnya, keunggulannya, tingkat persaingannya, kendala-kendala yang muncul, dan sebagainya. Sumber informasi yang paling baik adalah pelaku franchise yang sudah lebih dulu menjalaninya dan sudah eksis. Ada baiknya juga mendapatkan informasi dokumen keuangan franchisor (pemilik franchise).

 Cari Sumber Pembiayaan

Langkah ketiga adalah mendapatkan sumber pembiayaan. Tentu ini bukan masalah jika Anda sudah memiliki dana memadai yang sejak lama memang dipersiapkan untuk berbisnis. Namun Anda bisa juga menggunakan sumber pembiayaan yang lain untuk menjalankan bisnis franchise. Banyak pilihan yang dapat diambil oleh calon franchisee untuk mendapatkan dana segar. Bisa dari pinjaman bank, koperasi, atau sumber lainnya. Lebih baik jika sumber pinjaman menggunakan sistem bagi hasil sehingga terhindar dari potensi jeratan hutang yang berbunga-bunga. Selain itu, Anda juga lebih aman jika bisa mendapatkan dana dari sumber terdekat seperti orang tua, saudara atau rekan Anda yang sudah saling percaya.

Mempersiapkan Lokasi dan Tempat Usaha

Jika sudah mendapatkan gambaran yang jelas tentang bisnis franchise yang dipilih, sudah siap dengan permodalannya, maka langkah berikutnya adalah mempersiapkan tempat usaha di lokasi strategis. Untuk memulai bisnis franchise umumnya membutuhkan sebuah bangunan toko. Tempat usaha ini tergantung jenis bisnis yang dijalankan, bisa berupa ruko, rukan, kios, rumahan, atau gerobak. Seorang investor perlu membangun dan mendekorasi tokonya, serta melengkapinya dengan berbagai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Dekorasi yang indah dan menarik dapat menjadi alat marketing yang baik. Dalam membangun dan mempersiapkan toko ini perlu diperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, karena kegiatan promosi sudah dapat dilakukan segera.

Mengikuti Pelatihan

Langkah terakhir adalah mengikuti training yang disiapkan oleh franchisor. Biasanya franchisor sudah mempersiapkan pelatihan bagi setiap investornya agar dapat menjalankan sistem bisnis franchise dengan baik. Pelatihan ini ditujukan bagi pembeli franchise dan juga calon karyawan yang akan Anda pekerjakan. Adalah hal yang sangat baik jika franchisee dan karyawan Anda bekerja dalam satu tim dan memiliki semangat yang sama dalam menjalankan bisnis. Rasa ‘ikut memiliki’ dari para karyawan adalah modal yang bagus sehingga mereka ikut bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis ini.

Itulah 5 langkah penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli bisnis franchise. Baca juga 4 hal penting saat membuka bisnis waralaba.

peluang bisnis forex trading

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *